Tuesday, April 5, 2016

PAGERANK DAN DOMAIN AUTHORITY, DULU DAN KINI


Usia Listeninda.com ini sudah lama sebenarnya, sudah lebih dari 4 tahun lah ya kira-kira mungkin sekitar 5 hingga 6 tahun? Entahlah saya sudah lupa tepatnya saking lamanya jendela ini menemani saya dari pertama saya buat pada tahun 2009. Pernah pagerank 4 versi Google Page Rank kemudian turun menjadi 3. PR ini dulunya berfungsi untuk mengukur betapa direkomendasikan oleh Google sebuah blog tersebut, terutama kalau di cari di search engine kemudian muncul di halaman pertama.

Sekarang setelah Google nggak update lagi PR secara rutin untuk dibagikan informasinya, patokan orang sudah berganti ke DA atau Domain Authority. Nilai sebuah blog kini dilihat dari seberapa banyak DA-nya. Kalau dilihat-lihat menurut saya sih konsep DA ini masih mirip dengan PR, bedanya PR skala 1-10 sedangkan DA ini 1-100. Jadi kalau PR saya 3, sejak beberapa tahun lalu yah kira-kira DA-nya 30an lah ya.

Sebelum jadi listeninda.com, nama blog ini nindalicious.blogspot.com alay-nya tumpah tumpah banget kan ya? :D Ya maklumlah dibikin pas umur saya kira-kira 18 tahun apa 19 gitu. 

Suatu hari saya iseng pake banget, setelah kerja overtime mengganti alamat dasar blog menjadi sesuai nama top level domain-nya. Apa jadinya? PR drop dari 3 jadi 0. Kalau DA jadi kurang dari 10 lah kira-kira nilainya. 

Lama juga pulihnya hingga balik punya PR lagi meskipun cuma 1, tapi nggak lama kemudian habis punya PR 1 (yah alhamdulillah masih sempat) Google memutuskan untuk tidak lagi mengupdate PageRank dan mensharenya di khalayak. Sudah otomatis DA yang jadi gantinya. Tapi saya tahu mengenai DA juga belum lama ini. Hehe.

Intinya sejak kejadian iseng saya waktu itu, blog ini merangkak kembali dari bawah banget dengan domain dasar yang sama sekali baru.

Pernah nyesel?
Pernah sih, tapi dipikir ulang lebih cepat lebih baik daripada saya keinget sayang mulu ganti alamat. Saat terbersit beneran ganti lagi dimasa depan mungkin saya sudah lebih malas update postingan, jadi nggak cuma merangkak, blog ini bakalan ngesot kenaikan nilainya.

Kok mikirin banget PR DA atau apalah ini?
Sebenarnya awal ngeblog nggak mikirin juga, tapi berasa keren aja gitu kalau PR yang dipasang di halaman blog 3 *cielah. Meskipun dulu nggak tahu gunanya apa. Tapi ya dengan berjalannya waktu mulai ngerti juga kalau banyak gunanya.

Ada sahabat saya yang berkomentar, apa saya yakin ganti karena tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti saya juga akan merasa kalau nama blog ini alay? Mungkin pas saya sudah umur 40an kali? Well itu juga kalau saya nyampek umur 40 tahun. 

"Iya ya..." menurut saya make sense juga, mengingat perubahan pola pikir saya yang berbeda setiap memasuki usia baru.

Namun saya harap sih saya sudah nggak akan iseng lagi ganti alamat dasarnya blog ini lagi dengan alasan apapun. Karena ganti yang iseng ini saya jadi kehilangan kontak banyak teman-teman blog saya, beberapa diantaranya yang sudah saya miliki mulai tahun 2009. Sementara email saya pun ganti karena suatu alasan, jadi follow feedsnya nggak sebanyak dulu.

Eh kok saya jadi kangen suasana blogging yang jaman dulu, adem aja kayaknya hehe :)
anyone?

.

10 comments:

  1. Tambah tua jadi tambah bijaksana, klo blog aku termasuk alay gk nind?

    ReplyDelete
  2. saya generaasi blogging jaman sekarang kak, jadimasih bersyukur di jaman sekarang hehe...

    semoga jadi blogger selamanya kak :D

    ReplyDelete
  3. Ah jadi kejebak nostalgia :D
    Dulu sih asik-asik orangnya, BW pun berkeliaran dimana-mana. Tidak ada juga yang ngobrolin berita hoax buat cari uang. Sekarang mah ya gitu deh.

    ReplyDelete
  4. saya juga kewalahan mba kalo sambil mikir statistik. karena saya senengynya nulis, saya komit aja sehari harus nulis min 1 (kecuali sabtu minggu karena komputernya dipake suami)

    ReplyDelete
  5. Ternyata sudah lama juga ya usianya... tapi, kenapa saya baru mampir kesini .. padahal Listenindadotcom artikelnya manteb banget... :)

    ReplyDelete
  6. aku juga kangen loh masa masa dulu. pas rame ramenya, pas semua suka update hahahha. sekarang, malah bingung BW.

    btw, GA bukuku yg kedua udah mulai kok, Nin

    ReplyDelete
  7. Pas waktu mau ganti ke TLD sempet hampir bikin mbakcinta dot com wkwkkw. Kata temen sih, jangan aneh aneh ntar nyesel. Yaudah aku samain aja dg nama semua socmed

    ReplyDelete
  8. salah focus, aku baca pagerank jd pangeran hahaha *malu* :P
    Hmm, iya tuh. dulu aku juga suka gonta ganti nama blog dan alhasil jadi bikin pusing yang lain... semangat terus ngeblogny, kak ninda! :)

    ReplyDelete
  9. Mbak, suwer deh ._. aku malah belum begitu ngerti tentang page rank sama domain authority itu buat apaan ._.

    ReplyDelete
  10. Ah nindalicious juga kece kok. Yang alay itu, misalnya nindaimoetcuatique dot com. Huahahaha.
    Aku suka blogmu Dari jaman alay juga sampe jaman sekarang jadi buzzer sana sini. Eaaaa

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...