Thursday, April 7, 2016

{ REVIEW } BATMAN VS SUPERMAN : THE DAWN OF JUSTICE


Short getaway kemarin saya dan mas suami memutuskan untuk nonton film box office terbaru di salah satu mall baru di Surabaya : Batman vs Superman - The Dawn of Justice. Ceritanya lagi hits di seantero timeline teman-teman saya. Semula mikir : ini apaan sih filmnya? Batman bakal berantem sama Superman gitu kah? Saya sebagai muslimah pecinta warna hitam kayaknya bakal jadi team Batman. Secara sama krabak-krubuknya pake warna hitam gitu hehe.

Sinopsis :
Setelah dua tahun sejak Superman (Henry Cavill) bertempur mati-matian dengan Zod (Michael Shannon) yang menyebabkan hancurnya sebagian kota Metropolis. Banyak penduduk yang mati, bangunan hancur dan banyak yang tetap hidup namun harus menanggung luka parah atau cacat. 

Menyaksikan banyaknya kerusakan, kehilangan anggota keluarga dan kondisi parah warga sipil saat pertempuran terjadi menyebabkan Bruce Wayne (Ben Affleck) - seorang miliarder sekaligus juga sosok penentang kejahatan dibalik layak - marah. Beberapa kejadian memposisikan Superman sebagai ancaman bagi umat manusia karena kekuatannya yang terlalu besar, Superman bertindak sendiri dimana-mana yang tidak bisa menghindari jatuhnya korban. Penduduk merasa resah, sebagian memujanya layaknya dewa, sebagian yang lain takut atau membencinya karena efek samping dari tindakannya. Salah satunya dipicu dari kejadian di daerah konflik padang pasir yang menewaskan banyak korban meskipun sebenarnya itu bukanlah ulah dari Superman. Ada orang yang ingin dia muncul disana untuk merancang plot bahwa Superman sangat berbahaya bagi manusia.



Bruce Wayne pun merasa bahwa Superman berbahaya, tidak sama dengan dia yang kuat karena latihan fisik dan teknologi yang mendukung, Superman benar-benar kuat tanpa harus berusaha. Itu sudah ada dalam gen-nya sebagai makhluk super kuat yang tidak berasal dari bumi.


Dilain pihak Clark - identitas manusia dari Superman pun tidak menyukai cara kerja Batman yang selalu menberi cap kelelawar dari besi kepada pelaku kriminal yang berhasil dia tangkap. Pada sebuah pertemuan yang diselenggarakan oleh Lex Luther, Clark dan Bruce bertemu. Dari misi rahasia Bruce dengan Alfred melalui telepon mini yang dapat didengar Clark begitu saja, Clark segera tahu bahwa Bruce adalah orang yang berada dibalik kostum Batman. Keduanya menunjukkan gejala ketidakcocokan dalam obrolan malam itu.



Adanya kejadian besar yang memakan korban - lagi - di kota dengan dugaan karena ulah Superman, maka Bruce memutuskan untuk mendapatkan kristal krypton untuk mengalahkan Superman demi melindungi masyarakat. Bruce tidak tahu bahwa ada sosok yang sengaja membuat situasi demikian dengan tuduhan yang hanya beralasan jika ditujukan kepada Superman untuk membuat mereka saling melawan dan bertempur. Siapakah orang itu dan apa yang sedang dipersiapkannya?


Komentar Ninda :

Plot cerita
*spoiler alert*
Film ini seru jadi layaklah kalau banyak yang nonton dan suka. Pembukaannya bagus, lebih tepatnya videografinya. Adegan pertempuran juga dibesut dengan bagus cenderung dark, dari arah yang lebih dekat kita bisa lihat kostum pemeran utama memang bagus-bagus. Oh ya *spoiler alert lagi* disini muncul Wonder Women juga saat pertempuran, awalnya saya pikir dia Xena the Warrior Princess atau mungkin Dewi Athena? Atau apalah karena kostumnya cenderung seperti tokoh mitologi dibandingkan dengan Wonder Women yang khasnya kita tahu pakai baju merah biru. Cerita ini lebih kepada terusan dari Man of Steel-nya Superman ketimbang Dark Knight-nya Batman.

Banyak juga plot hole disini, atau hal-hal yang nggak terjelaskan. Ini mungkin saya aja sih, atau ada yang komentar serupa? Sepak terjang Batman setelah kematian orang tuanya melawan penjahat ini seolah-olah ada kaitannya. Jadi dia berencana mencari alasan dibunuhnya orang tuanya itu dengan cara memburu penjahat begitu? Tapi ternyata tidak, sepak terjang Batman tidak ada hubungannya dengan itu. Dia memburu apa itu masih jadi hal yang misterius buat saya, apa cuma kepo dengan arsip Luther karena itu dia mendownload data? Terus mengapa tiba-tiba tujuannya adalah kapal White Portuguese dengan sasaran kristal krypton? Tunggu, tentu saja diluar kekesalannya pada Superman itu seolah sudah direncanakan sejak lama. Tapi alasannya entah apa.

Luther yang merencanakan hal besar cenderung memiliki alasan yang tidak cukup kuat dalam tindakannya. Jadi nih dia psikopat gitu yang semasa kecilnya mengalami trauma berat karena disiksa ayahnya, dia ingin pahlawan yang sudah dianggap dewa mendapatkan image yang buruk. Memang untuk ukuran orang psikopat barangkali tidak perlu alasan yang kuat banget untuk melakukan sesuatu. Tapi ini sudah keterlaluan. Hal yang dia lakukan terlalu besar dan penyebabnya cuma bagaikan semak-semak mengganggu dari plot cerita.

Humor Renyah
Film superhero yang ini juga ada bagian dimana saya ketawa geli karena humornya meskipun tentu saja nggak sekocak Iron Man dan banyolannya di film superhero komik sebelah.
Saat Batman menyelamatkan ibu Superman dan bilang pada si ibu, "Aku teman anakmu,"
si ibu : *mengangguk maklum dan lega* "Ya aku tahu dari jubahmu."

Saat pertarungan melawan Zod yang sudah jadi troll Harry Potter campuran The Hobbits, Wonder Women muncul dan membantu :
Superman : "Dia temanmu?"
Batman  : "Kukira dia temanmu?"
Wonder women : *pasang tampang 'serah lu lah!'*

Lucunya lagi Superman flawless banget ih mukanya, Louis Lane kalah soal kemulusan muka mah. Mukanya juga tetep mulus flawless tanpa kotor setelah pertempuran heboh.

Oh ya film ini bakalan ada lanjutannya sekitar tahun depan, jadi ala-ala bersambung gitu. Sudah nonton film box office terbaru ini juga? Share ya :)


.
*pic source : breaktime.co.id & random googling

6 comments:

  1. kemarin gak sempat nonton film ini, padahal teman-teman di kantor pada heboh nonton bareng :(

    ReplyDelete
  2. wah ini saya udah pernah nonton juga 2 hari yang lalu tapi film ini banyak dapat kritikan dari umat muslim karena teroris ini memakai peci yang berarti umat muslim di sini ada unsur penghinaan agama, kenapa mesti agama islam yang di cap sebagai teroris ? saya pernah baca bahwa teroris islam hanya 7% dari teroris agama atau ras lain, jadi intinya kenapa kita agama islam di cap sebagai agama teroris -_-

    ReplyDelete
  3. Nunggu dvd nya aja deh ya... Pingin nonton bioskop tapi nggak pingin ninggalin anak-anak, nah looooh mbulet kan... Hehehe jadi curcol

    ReplyDelete
  4. Film ini aneh. Fans bilang bagus, tapi kritikus bilang jelek.

    Aku penasaran sama adegan mereka berdua bahas nama ibu mereka yang sama: Martha. Ceritain dooong..

    ReplyDelete
  5. udah nontonnn :3 agak bingung juga pas awal-awal karena, sepertinya yang kak Ninda ceritakan jg, banyak yg aku nggak tahu kenapa tiba-tiba bisa begini, kenapa tiba-tiba bisa begitu.. tp cara pengambilan gambar emang keren banget!

    dan humor-humornya memang lumayan menghibur haha XD

    ReplyDelete
  6. waahhhhh ada ternyata muantaappp.....filmnya terlalu banyak hal yang dijejalkan kedalamnya jadi kesannya padat banget!! yang bukan penggemar komiknya pasti rada rada bingung!! hm cari coba cari review film deadpool disini ah hehehehe

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...