Monday, May 9, 2016

{ REVIEW } CAPTAIN AMERICA : CIVIL WAR

Sudah lewat cukup lama dari saat kami menonton film ini di bioskop, antri panjang dan rela nonton midnight di salah satu mall yang agak jauh dari rumah. Bisa dibilang teasernya berhasil bikin penasaran banget ya film yang satu ini. Bioskop belakangan ini cuma menayangkan Civil War dan AADC saja, tapi tetap semua bioskop rame di semua jam. Efeknya sungguh mengagumkan. 
Yah akhirnya bisa nulis review Civil War juga.


Sinopsis :
Tekanan politik membuat aksi The Avengers dipertanyakan dan terancam mengalami perpecahan. Hal ini dipicu oleh berhasilnya The Avengers menggagalkan misi penjahat bayaran untuk mencuri senjata berbahaya, namun kemenangan itu harus dibayar dengan jatuhnya banyak korban jiwa dari masyarakat sipil. Wanda, yang merasa lalai saat kejadian sangat merasa bersalah. Selewat peristiwa itu, kejadian-kejadian lalu dimana aksi The Avengers beraksi dan jatuh banyak korban dibahas dimana-mana. Tokoh-tokoh pemerintahan merasa The Avengers sudah terlalu bebas beraksi dan meninimbulkan jatuhnya korban dari warga sipil, maka mereka perlu diawasi.

Captain America atau Captain Rogers (Chris Evans) percaya bahwa pahlawan super seharusnya bebas dalam menentukan aksinya untuk kebaikan kemanusiaan, tanpa interaksi pemerintah. Iron man (Robert Downey Jr.) terang-terangan menyatakan bahwa dia tidak bisa lagi menutup mata akan jatuhnya banyak korban sebagai efek aksi mereka dan akan lebih baik jika mereka bersedia berada dibawah pengawasan pemerintah. Dengan perdebatan yang semakin meruncing, anggota The Avengers lainnya harus memilih sikap mereka terhadap rencana ini.


Ketika Black Widow (Scarlett Johanson) pergi ke konferensi dan menyatakan diri untuk menandatangani kesepakatan untuk berada dibawah pengawasan pemerintah, pengeboman gedung terjadi sehingga menewaskan seorang raja penyelenggara konferensi. Media cetak terbit dan merilis penampakan The Winter Soldier, teman lama Captain America sejak kecil yang dikenal dengan nama Bucky. Media menyatakan bahwa pelakunya adalah The Winter Soldier sehingga dia dicari diseluruh negeri. Mengetahui itu Captain America merasa sangsi, Bucky adalah seorang dari masa lalunya, seorang sahabat yang sudah seperti saudara. Tidak mungkin dia melakukan sebuah tindakan keji seperti itu tanpa alasan. Captain America harus memastikannya sendiri, dan untuk itu dia harus menemukan Bucky sebelum polisi.


Di lain pihak, ada Black Panther yang juga memburu Bucky karena dendam pribadi. Dan masalah semakin rumit saat Captain America dan sebagian anggota The Avengers mengambil sikap untuk tidak ikut serta dalam perjanjian yang didukung sebagian anggota yang lain untuk masuk dalam pengawasan pemerintah. Black Widow memperingatkan Captain America untuk tidak bertindak dalam situasi yang seperti ini, seberapa besarpun pengaruh Bucky dalam kehidupan sang Captain karena akan semakin memperburuk kondisi yang tengah berlangsung.


Siapa Black Pather yang sebenarnya? Benarkan Bucky adalah pelaku pemboman gedung konferensi? Bagaimana kelanjutan konflik dalam tubuh The Avengers? Silakan ditontonlah :D



Kata Ninda :
Jujur saya menikmati film ini dari awal sampai akhir, ada crush antar tokoh tapi tersamar sekali dan nggak dominan. Bukan sesama tokoh utama memang sih. Jika di Batman vs Superman saya adalah bagian dari team Batman, saat nonton film ini saya adalah bagian dari Team Iron Man.

Baca : { REVIEW } BATMAN VS SUPERMAN : THE DAWN OF JUSTICE

Lebih masuk akal saja sih alasannya. Mereka dihadapkan dengan dua kemungkinan yang sama-sama buruk, bekerjasama dibawah naungan pemerintah atau tidak sama sekali namun semua aksinya akan dinilai illegal oleh pemerintah. Bekerjasama atau tidak sama sekali.

Pendirian Captain America mungkin ada benarnya tapi nih semisal dia mau tanda tangan terus main cantik 'nggak nurut' sama pemerintah juga bisa aja lho padahal. Tapi kalau dia lempeng setuju gitu mah nggak memuncak ya konfliknya :D

Buat yang nonton The Avengers sebelum-sebelumnya pasti ngeh kalau nggak ada Spiderman sampek si spidey dijadiin meme-meme karena nggak diajak. Nah disini si Spidey ada, alasannya juga logis si Spidey ini masih kecil belum lama dapat kekuatan makanya kemarin-kemarin dia nggak ada. Dia tampil cukup banyak lho di adegan pertempuran antar kubu The Avengers dan bukan jenis lawan yang bisa diremehkan.

Film ini juga cukup masuk akal menurut saya, tanpa adanya campur tangan dewa-dewa seperti Thor dan Loki. Lebih masuk akal karena lebih manusiawi. Dalam film ini antara Vision dan Wanda terasa ada sesuatu ya, mungkin crush atau apa. Ada yang sudah nonton dan merasa demikian? Dan Iron Man dengan karakter Black Widow entahlah terasa cocok satu sama lain dalam cerita. Sama-sama dominan dan kadang lucu.

Saya belum nonton film Avengers yang terakhir namun dalam film-film yang sudah saya tonton dimana ada Captain America dan Iron Man, Captain America memang menjadi pemimpin namun Iron Man selalu terlihat lebih dominan. Captain America memang keren secara fisik tapi pribadinya tidak semenarik Iron Man yang annoying tapi lucu. Ngomong-ngomong pula bro-mance antara Capt. Rogers dengan Bucky ini 'deep'nya saya merasa agak kelewatan aja gitu.

Secara keseluruhan sangat menghibur, saya menikmati film ini hingga usai. Ratingnya nggak bohong nih. Konfliknya cukup masuk akal dan menarik, tapi tanpa kehilangan selera humornya.

Sudah nonton film ini juga? Gimana menurut mantemans? :)

.

*pic source : all from random google

16 comments:

  1. Aku ga suka film action gini say, JD ga masuk incaran. Yang masuk wish list adalah aadc, trus keburu opwrasi dan dipingit sama dokter. Huhuhu

    ReplyDelete
  2. gak sabar pengen ntn film nya, nunggu di website2 keluar baru download hahah

    ReplyDelete
  3. Di midnight sana kamu nonton civil war, di midnight sini aku nonton aadc wkwkkwk

    Tapi aku kayaknya nyes3l deh knapa ga liat ini film aja, pastinya klo nonton di bioskop ga nendang kalo ga maksimalin sound speaker pas ada adegan actionnya

    Klo nonton film indonesia mending di dvd huaaaaaaa nyesel

    ReplyDelete
  4. Sudaaah, bagus! Tp aku kl suruh milih, milih ikut captain rogers aja ^^
    Selama pertunjukan, gregetan sendiri karena lagi2 ada 'sesuatu' yang belum dijelaskan dan jd pemicu konflik spt Superman vs Batman (lagi2 kl disuruh milih, pilihanku beda ama mba ninda, haha)

    ReplyDelete
  5. untung ga banyak spoilers, belum sempet nonton

    ReplyDelete
  6. Ih envy bangeeeett

    Aku dong belum nonton
    Karena di Padang juga belum tayang -_-
    Mesti sabar aja nunggu para bajak laut nyediain link download hahahhaa

    #Plak

    P.S.
    Baru pertama kali mampir abis tampilan di sini jadi serba baru
    Foto profil kak nyin cantiksss <3

    #LaluDitendangPaksu

    ReplyDelete
    Replies
    1. alasan doang nunggu tayang, bilang aja emang suka bajakan, hahahaha
      ane juga suka, eh

      Delete
  7. aku udah nonton, kak Nindaaa *tunjuk tangan*:) setuju, Vision sama Wanda agak bikin gems gitu yaa.. dan Captain Americanya, walaupun aku juga gak setuju pendiriannya, tapi berkarisma banget hahaha

    ReplyDelete
  8. Kalau nurut sama pemerintah, filmnya langsung bubar jalan, Mbak, karena konfliknya kurang greget hehe

    ReplyDelete
  9. bagus nih ulasannya, saya cuma nonton superman vs batman, wah mbak ada di posisi batman? saya malah di posisi superman.. oya nonton civol war dimana yA?

    ReplyDelete
  10. saya belum nonton filmnya. Tapi sejak dulu suka sama Iron Man. Robert Downey Jr memang ganteng hahaha. Gak cuma itu aja, ding. Karakter Iron Man bikin saya suka. Jenius, cowok banget, tapi juga suka ada jokenya. Pokoknya saya di Team Iron Man, lah :D

    ReplyDelete
  11. saya belum nonton Mba Ninda dan gak terlalu tertarik sama genre film seperti ini, berbanding terbalik sama suami saya suka banget sama jenis film seperti ini :)

    ReplyDelete
  12. ini emang jenis film kesukaan arif. arif nonton di hari pertama :D

    ini jauh lebih seru dari avengers 2 kalau menurut arif

    ---
    spoiler
    ---

    sakit hati pas zemo liatin cap sama tony rekaman bucky lagi jalanin misinya :( kalau arif jadi tony, udah ngga akan nahan diri lagi :(

    ReplyDelete
  13. aku juga menikmati film ini dari awal sampe akhir dengan keseruan dan kekonyolannya yang khas :D. Tapi kak Nin, hmm berasa agak kecewa yang pas adegan kenapa kok "pasukan pembunuhnya" malah udah mati gitu aja di dalem "etalase" ya? Padahal ekspetasinya adalah bakal lebih wah action nya kalo The Avengers berantem sama mereka... hehe..
    But, over all..film ini kereeeen banget :D

    ReplyDelete
  14. kemarin barusan download, dan selese nonto jam 2 pagi..hihihi
    entah di bioskop sudah amblas apa belum.
    karena subtitlenya bahasa cina, jadi mungkin ada bagian yg terlewat.

    ceritanya lebih nyambung sih daripada batman v superman
    yang jadi penasaran malah tokok spiderman

    ReplyDelete
  15. aku udah nonton, keren sumvah. :D

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...