Wednesday, April 12, 2017

5 SPESIFIKASI DAN KEUNGGULAN KAMERA FUJIFILM XA2 KIT 16-50MM


Beberapa hari lalu saya ngobrol sama si adek, ketika dia curhat kalau beberapa tahun lalu di setiap kontes foto makanan dia hampir selalu menang dan dapet hadiah. Tapi semenjak tahun kemarin, setiap ikutan kontes dengan tema yang sama, dia udah nggak pernah lagi memenangkan lomba foto.
Ada nggak diantara temen-temen yang ngerasa gitu juga?

Saya bilang sih salah satu sebabnya karena perkembangan dan inovasi kamera sangat cepat, demikian juga seni fotografi di kalangan amatir. Beberapa tahun lalu mungkin orang lebih fokus pada objek semata, sekarang semua serba dipikirin termasuk latar dan peranti pelengkapnya untuk mempermanis foto.

Mungkin kita masih ingat kalau kebutuhan terhadap kamera nggak sebesar sekarang ini. Dulu orang hanya bawa-bawa kamera pada saat datang ke tempat-tempat baru untuk traveling sebatas buat dokumentasi pribadi dan keluarga aja gitu.

Kenapa? Soalnya kebutuhan untuk sharing alias berbagi nggak sebesar saat ini. Kebutuhan berbagi yang gede banget, membagikan semua aktivitas, pengalaman, perasaan itu bikin media sosial nggak pernah sepi. Orang jadi butuh bawa-bawa kamera kemana aja untuk memenuhi kebutuhannya berbagi.

Mungkin beberapa tahun lalu aktivitas media sosial sudah cukup dengan ponsel ya, tapi makin lama orang jadi makin peduli gimana caranya menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus, tidak hanya memenuhi kebutuhan berbagi tapi lebih banyak orang yang mengagumi dan mengapresiasi hasil fotonya. Jadi nggak heran kalau kemana-mana, orang jadi merasa butuh bawa kamera bagus buat ngambil foto dengan kualitas gambar dan kejernihan yang mumpuni untuk mendulang apresiasi, bahkan belakangan bisa menciptakan peluang akan pekerjaan baru juga. Keren ya...

Salah satu kebutuhan blogger untuk menghasilkan posting yang bagus tidak hanya waktu menulis dan mood yang pas, tapi juga foto yang menarik dan informatif. Makanya nggak heran kalau blogger sampek rela bawa-bawa kamera gede atau ngambil foto dari berbagai angle sampek waktu yang lama meskipun yang akhirnya dipake cuma beberapa.

Anyway, kamera memang produk teknologi yang nggak bisa dibilang baru lagi di tengah masyarakat, namun belakangan ini kebutuhan akan teknologi yang dapat digunakan untuk kebutuhan mengabadikan gambar ini memang lagi-lagi kudu kita akui - sangat tinggi. Taraf kebutuhannya terus sejalan dengan banyaknya pengguna dari media sosial sendiri. Makanya nggak heran kalau jenis-jenis kamera yang beredar di pasaran juga senantiasa inovatif dan nggak membutuhkan waktu lama untuk keluar teknologi paling baru, jadinya nggak kalah kalau dibandingkan dengan inovatifnya produk ponsel. Meskipun ya berbeda dengan ponsel, pengguna kamera juga hanya terbatas pada beberapa kalangan. Sebut saja Fujifilm, salah satu merk yang mengusung produk kamera tanpa kaca atau yang dikenal dengan kamera mirrorless, salah satu diantara produknya yang terkenal adalah Fujifilm XA2.

Seri dari XA2 ini keluar cukup lama dipasaran dan setiap tahunnya memang selalu diperbarui dengan nama atau tipe yang berbeda-beda. Khusus untuk beberapa orang, seri dari mirrorless atau kamera tanpa kaca ini mungkin memang masih begitu awam bagi masyarakat. Namun patut untuk diketahui bahwa kinerjanya sendiri nggak kalah kok kalau dibandingkan dengan kamera DSLR yang memang digadang-gadang sebagai produk kamera canggih.

Khusus untuk spesifikasinya sih nggak jauh berbeda, hanya mungkin harganya memang yang sedikit lebih mahal. Seri dari Fujifilm XA2 ini sendiri sangat banyak, satu diantara yang paling banyak dipakai oleh konsumen adalah Kit 16-50 mm. Apa sih istimewanya? Banyak lho keunggulan yang ditawarkan seri ini. Selain dari segi harganya yang relatif murah untuk ukuran kamera canggih yaitu kira-kira 7 jutaan rupiah, maka berikut ini ada beberapa spesifikasi lebih yang juga harus kita tahu:



  1. Bentuk atau bodynya yang ramping sehingga memudahkan kita untuk membawanya kemanapun. Berbeda dengan produk DSLR yang cenderung memiliki body besar, maka seri XA2 yang ditawarkan oleh Fujifilm ini ukurannya lebih ramping atau kecil. Ukuran kamera yang ramping dan lebih ringan memungkinkan kita untuk lebih mudah membawa-bawanya bahkan saat sedang traveling karena ringan dan tidak memakan banyak tempat. Leher dan bahu juga terhindar dari pegal-pegal hasil dari membawa kamera besar berlama-lama.
  2. Dengan resolusi kamera sebesar 16.3 MP, memungkinkan kita untuk mendapatkan hasil jepretan yang berkualitas. Produk kamera mirrorless sendiri memang paling cocok dipakai oleh para traveler dan orang-orang dengan mobilitas tinggi. Misalnya buat yang senang mendaki dan kegiatan outdoor atau hanya sekedar jalan-jalan berburu kuliner ke kota sebelah, kamera tetap bisa mengabadikan tiap moment dengan baik. Hasil gambarnya berkualitas dengan resolusi yang tinggi sehingga hasil foto sudah cakep meskipun kita tidak mengedit fotonya lagi.
  3. Bisa digunakan untuk share gambar tanpa mengandalkan media USB. Kamera ini sudah dibekali dengan fasilitas build in Wi-fi, sehingga kemampuannya untuk mengirimkan gambar tanpa harus menggunakan USB juga sangat bagus. Kemampuan build in wi-fi nya ini membuat kita-kita yang sering banget ambil foto untuk merekam momentum dan upload ke media sosial atau blog jadi lebih nyaman saat merasa harus pindah-pindah gambar dari kamera ke komputer atau media yang lainnya. Lebih praktis!
  4. Hasil gambar lebih tajam dengan fitur three aspherical elements dan one extra-low dispersion, dapat mengurangi efek distorsi sebanyak apapun kita zoom gambar tersebut, sehingga hasil gambar yang didapatkan juga akan menjadi lebih tajam jelas.
  5. Dapat merekam video juga dengan kualitas yang tak kalah baik dibandingkan dengan pengambilan gambar sebenarnya tidak kalah dengan kamera DSLR yang juga umum digunakan dalam pengambilan video. Maka mirrorless dari XA2 ini juga demikian sih, tentu asalkan dibekali dengan ukuran space atau memory yang memadai di dalamnya.

Jadi bagaimana, tertarik untuk segera memiliki produk Fujifilm XA2 Kit 16-50mm ini? Dari segi harganya relatif murah, untuk kualitas gambar yang dihasilkan nggak jauh berbeda dengan produk DSLR. Kemampuannya secara umum juga nggak kalah saing kok, cocok bagi para traveler.


5 comments:

  1. Naksir mirrorless,ramping dan lebih ringan. Tapi belum ada budget. DLSR berat, nenteng kemana-mana lumayanlah buat pundakku.

    ReplyDelete
  2. Dream cam material banget lahhh
    Beliin aku kakniiiiinnnn :'(

    ReplyDelete
  3. Kamera fuji ini banyak dipake sama Blogger ya mba, bening katanya... Jadi pengen beli juga deh :D

    ReplyDelete
  4. wah nin kameranya bikin mupeng banget :D tp masih mikir belinya hehehe

    ReplyDelete
  5. Aku pgn punya kamera fujiiii. Tapi mahal. :(

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home