Monday, April 10, 2017

PEMANFAATAN PIPA PARALON UNTUK MEMPERCANTIK RUANGAN

pic source: pinterest
Pipa paralon selain berfungsi sebagai tempat mengalirkan air juga mempunyai banyak manfaat lho. Serius, ada kali setengah jam an saya browsing di pinterest soal dekorasi interior rumah yang bisa memanfaatkan benda yang dalam pikiran kita nggak jauh-jauh dari Mario Bross ini. Dan pemanfaatannya beneran lucu-lucu ngets!

Jadi kalau kamu masih punya sisa pipa paralon yang sudah nggak terpakai, bisa digunakan untuk mempercantik dekorasi ruangan atau didaurulang untuk membuat benda lain yang lebih bermanfaat. Dan banyak juga yang mengaplikasikannya di dalam apartemen pribadi atau untuk kenyamanan tempat tinggal saat sewa apartemen punya orang lain. Penasaran gimana pemanfaatan pipa bisa keren banget untuk dekorasi apartemen tanpa bikin makin kerasa sempit? Gini uraiannya:

#1 Tempat sepatu
Untuk membuat tempat sepatu maka jenis pipa paralon yang digunakan harus berdiameter lebar. Caranya yaitu dengan memotong pipa paralon menjadi ukuran yang sama, lalu tata pipa paralon dengan ditumpuk jumlah pipa paling bawah lebih banyak dibanding pipa di atasnya. Pengaturan pipa bisa disesuaikan dengan selera kamu, setelah itu ikat pipa tersebut menggunakan tali yang kuat. Lalu pipa paralon tersebut dapat digunakan sebagai tempat sepatu di salah satu space di dekat pintu keluar atau di ruangan yang kamu fungsikan sebagai closet. Kalau kurang suka sama warna asli pipanya, sebelum diatur dan diiket bisa dicat terus dikeringin dulu

#2 Tempat tanaman
Pipa paralon dapat digunakan untuk pot tanaman, terutama untuk ukuran rumah yang sempit dan minimalis. Cara membuat pot tanaman dari pipa paralon dapat dilakukan dengan memasang pipa paralon secara horisontal ataupun vertikal. Namun sebelumnya, pipa kudu diberi lubang sebagai tempat tumbuhnya tanaman, jadi tanemannya nggak bingung mau numbuh kemana. Ya sayang aja kalau niatnya tanem-tanem cantik eh malah tanemannya mati.

Jenis tanaman yang cocok ditanam dipipa ini seperti sayur-sayuran atau sejenis rempah-rempah. Setelah menentukan jenis taneman yang kita mau, pada ujung pipa diberi penutup beri deh tanah secukupnya. Jangan lupa beri juga lubang sebagai tempat keluarnya air juga. Ya kali kalau kita lupa kasih lubang ini taneman juga bisa mati karena kebanyakan digenangi air dong ah. Udah deh pot tamanan dari pipa ini bisa ditaruh di teras rumah baik di bawah, digantung ataupun ditempel di tembok.

#3 Rak piring
Kalau kamu mempunyai pipa paralon yang berdiameter besar, bisa juga digunakan untuk membuat rak piring. Caranya? Pertama belah pipa paralon menjadi dua secara horisontal sehingga diameter pipa membentuk setengah lingkaran. Setelah itu posisikan secara telungkup, buat lubang-lubang pada pipa paralon dan diukur sesuai besarnya piring yang akan dimasukan. Maka jadilah rak piring minimalis untuk mempercantik ruangan dapur kamu.

#4 Meja Kursi Anak, atau...

Pipa paralon yang berdiameter kecil dapat dikreasikan untuk membuat meja dan kursi kecil untuk anak-anak, bisa untuk si kecil atau mungkin untuk berjaga-jaga kalau dikemudian hari nanti ada teman atau keluarga yang berkunjung bareng anak-anaknya. Caranya yaitu dengan menyusun kerangka meja atau kursi sesuai keinginan anda dengan memotong dan menyambung pipa paralon sampai kencang. Setelah itu ikatkan tali ataupun karet diantara kerangka tersebut sehingga meja dan kursi dapat digunakan.

Kalau kamu ngerasa susah ngerakitnya, bisa juga dibuat jadi rak buku seperti foto yang saya share diatas. Unik, keren dan fungsinya juga dapet. Ya kan? Saya aja suka :D

1 comment:

  1. Iyaa aku liat di pinterest, gampang gitu ngerakitnya. Tapi pas kemari, ah ga bisalah bikinnya, jd penikmat pinterest sajalah

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home