Saturday, May 27, 2017

WAIT, ARE YOU STEAL MY PHOTO?


Untuk yang kesekian kalinya, tanpa sengaja saya menemukan seseorang menggunakan foto saya untuk kepentingan pribadi tanpa meminta izin atau konfirmasi terlebih dahulu kepada saya.
Aneh banget ya, heran....
Memang sih foto saya itu nggak kelihatan wajah, tapi tetap saja dipakai tanpa izin. Dan meskipun butuh waktu lama untuk saya cuma bisa ngetawain aja kalau tulisan di blog saya ini di copy paste tanpa izin, foto adalah hal yang lain lagi.

We don't know what they will do with our photograph, right?

Kita nggak pernah tahu niat orang yang sebenarnya mengapa mereka pengin menyimpan foto kita, apalagi menggunakannya sebagai foto profil dan sebagainya.

Yang menyebalkan adalah, pertama kalinya dulu itu terjadi, pelakunya adalah seseorang yang sudah lama menjadi pembaca tetap blog ini. Beberapa kali berbalas pesan dengan saya dan pernah memenangkan giveaway kecil-kecilan yang saya gelar juga. Dia juga somehow menggunakan nama Ninda, I mean... what's she's really thinking sih? Pakai nama dan foto saya?

Well I don't know apa yang bikin dia jadi pengin nyimpen foto saya yang meskipun nggak kelihatan wajahnya, tapi siapa sih yang nggak bisa mengenali foto sendiri? Kan kita yang bikin, posturnya juga postur kita, bajunya juga baju kita ya kan?

Saya udah negur dia soal itu karena merasa sangat nggak nyaman. Bagaimanapun dia adalah seseorang yang saya kenal di dunia maya, saya nggak tahu seperti apa dia yang sesungguhnya di dunia nyata.

Dia bales dan menjelaskan kepada saya kalau memang ada penggalan nama panjang dia yang ada kata 'Ninda'-nya.
Oke deh saya bisa menerima alasan itu.
Tapi pakai nama yang mirip dengan saya, foto saya juga padahal saya pernah ngobrol sama dia itu saya nggak ngerti apa sebabnya.
Yang ada sih saya ngerasa sedih ya :( Merasa nggak dihargain dalam hubungan pertemanan sih.

Sebenarnya, saya nggak keberatan kok kalau foto-foto saya yang sendirian dan nggak kelihatan wajah, dipakai oleh orang lain. Ya silakan-silakan saja asalkan nggak dipakai buat urusan komersial apalagi hal-hal yang kurang baik. Tapi mbok ya izin dulu sama saya gitu :/ at least ngasih credit kek kalau nggak sabar izin dulu.

Buat teman-teman yang ngelihat akun dengan foto maupun nama saya, apalagi kalau akun olshop... please nanya ke saya dulu itu akun saya beneran atau bukan. Akun media sosial saya semuanya saya list di sidebar, bisa dicek kok. Yang belum ada disitu cuma akun instagram personal @anindyarhd dan akun twitter @listeninda.

Pernahkah mengalami hal yang sama?
Selagi belum, jangan lupa untuk kontrol foto-foto yang kita bagikan di media sosial maupun internet ya :)

3 comments:

  1. Aiih yang ngambil org yg kita 'kenal' ? XO
    Apa modusnya ya

    ReplyDelete
  2. Wew, itu fans berat yang gagal menghargai mbak 😆

    ReplyDelete
  3. Wah berarti kamu femes Nin sampai ada fans freak kayak gt. Hehe. Report aja rame2,,,ada kok pasal yg bagian menggunakan identitas orang lain

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home