Tuesday, January 9, 2018

OLAHRAGA RUTIN ALA ATLET SEPAKBOLA YANG BELUM KAMU KETAHUI

Mana... manaa... para cewek yang demen sepak bola?
Mana para cowok yang demen sepak bola sekaligus menganggap tipe pendamping ideal adalah seorang wanita yang suka nonton sepak bola jadi bisa sering-sering nonton pertandingan sepok bola barengan? Ehem :D

Meskipun dasarnya nggak suka nonton pertandingan olahraga termasuk sepak bola, jangan salah... cewek juga bisa mendadak antusias kok kalau diajakin nonton pertandingan olahraga. Dari yang semula enggak ngerti sama sekali sampai bersedia surfing internet dulu sebelum nonton demi nggak gagu sama istilah-istilah pertandingan olahraga yang bakalan ditonton itu. 

Biasanya yang bikin mereka antusias sih event-event besar ya, misalnya aja world cup, penonton cewek bisa membludak gitu dengan segala atribut jagoan tim dari perwakilan negara masing-masing dan tentunya liga-liga dan pertandingan lain yang melibatkan negaranya. Contoh aja di Indonesia, tiap Timnas tanding pasti deh yang nonton banyak cowok maupun cewek. Ya dari televisi di rumah masing-masing, tempat terdekat yang memungkinkan nobar bahkan langsung nonton live. Mereka rela dan antusias untuk nonton pertandingan sepak bola meskipun sehari-harinya nggak terlalu interest karena rasa nasionalisme yang kuat.

Ya dong... kan nasionalisme nggak hanya mencakup punya prestasi membanggakan negara aja, tapi juga mendukung upaya putra-putri terbaik bangsa yang memiliki bakat dan kemampuan sesuai passionnya untuk berprestasi.

Nah mong ngomong tentang sepak bola, seminggu lagi Indonesia akan melawan Islandia loh dalam pertandingan sepak bola.
Jadi sudah pada beli belum nih tiket pertandingan Timnas Indonesia vs Islandia?

Wah belum beli? Padahal bakalan seru banget dong nge-date sambil nonton pertandingan sepak bola bareng pasangan. 
Tenang, bisa beli online kok di Bukalapak! Karena Bukalapak merupakan mitra tiket Indonesia vs Islandia resmi sehingga kamu bisa beli tiket lebih cepat, aman dan pastinya mudah tanpa harus keluar rumah. Grab it fast sebelum kehabisan!

Kalau dipikir-pikir dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya kita bisa bilang bahwa sepak bola masih menjadi olahraga no 1 di dunia yang digemari oleh banyak orang. Olahraga ini digandrungi dari anak kecil hingga orang dewasa, dan seperti yang sudah saya utarakan diatas bahkan wanita juga suka.

Teman-teman pasti sering deh baca berita olahraga terkait transfer pemain sepak bola dan bocoran gaji seorang pemain sepak bola rata-rata berapa, apalagi kalau atlet terkenal yang reputasinya bagus dalam mencetak gol di lapangan. Niscaya gajinya juga secakep prestasinya dilapangan, apalagi harga 'pinangan' untuk transfer pemain ya. Nggak salah kalau pesepak bola di luar negeri memiliki kemapanan financial yang setara dengan actor, actress dan musisi internasional.

Padahal dibalik popularitasnya, karir atlet dan lifestyle yang bersinar glamor, menjadi pesepak bola tidak bisa dibilang mudah. Pesepak bola harus memiliki fisik yang sehat, kuat serta energi dan tenaga yang selalu terjaga. Secara rutin mereka melakukan latihan fisik khusus untuk menjaga performa sebagai seorang pemain sepak bola professional. Disini ada beberapa latihan fisik yang dilakukan oleh mereka untuk menjaga ketahanan fisik dan performa di lapangan. Dengan rutin berlatih diharapkan kondisi fisik mereka akan menjadi lebih bugar dan bisa bermain maksimal dalam pertandingan sepak bola. Berikut beberapa olahraga ala atlet sepakbola dalam menjaga stabilitas dan performa lapangannya yang belum diketahui

#1 Latihan Daya Tahan Tubuh
Menjadi seorang pesepak bola membutuhkan daya tahan jantung dan darah (kardiovaskuler). Karena dalam pertandingan sepak bola, pemains sepak bola diharuskan berlarian untuk mengejar bola. Latihannya bisa dengan melakukan jogging serta gerakan-gerakan lain yang dominan memiliki nilai aerobik. Biasakanlah diri kamu untuk bisa melakukan jogging sekitar 40 sampai 60 menit dengan berbagai macam variasi kecepatan yang bisa dikombinasikan. Latihan tersebut bertujuan untuk dapat menambah daya tahan otot tubuh kamu dan daya tahan kardiovaskuler. 

Dalam latihan ini, mereka dituntut untuk bergerak dan lari dalam durasi waktu lama tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan. Tindak lanjut dari latihan ini adalah dengan menambah kecepatan, intensitas dan kualitas gerak, agar bisa berpengaruh dalam kekuatan stamina di lapangan. Sampai akhirnya mampu melakukan gerakan cepat dalam waktu yang lama, stabil dan konsisten.

#2 Latihan kekuatan
Latihan beban sudah terbukti sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan pemain sepak bola. Latihan tersebut dilakukan dengan terlebih dulu melakukan gerakan push up, pull up, back up, squatrush dan squat jump. Dan selanjutnya dengan melakukan proses latihan menggunakan beban yang sebenarnya. Perlu diingat oleh para pemain, agar mereka tidak loncat-loncat ditempat yang permukaannya keras karena bisa menyebabkan cedera di bagian tulang kering dan tungkai.

#3 Latihan kecepatan
Khususnya dalam permainan sepak bola, kecepatan adalah salah satu hal yang paling utama yang harus dimiliki oleh pemain. Karena dalam hal ini pemain dituntut untuk bisa bergerak dengan cepat tanpa kehilangan kesimbangan. Bentuk latihan yang bisa dilakukan adalah salah satunya suttle run atau lari bolak balik dengan jarak 6 kilometer. Kualitas latihan naikkan dengan menambahkan beban dan rintangan. Selain itu, melakukan sprint jarak pendek dengan intensitas tinggi juga sangat efektif untuk diterapkan dalam program latihan fisik ini.

Sebagai pemain sepak bola yang profesional, pastinya mereka akan dituntut untuk dapat lebih fleksibel agar dapat bergerak dengan lincah untuk mengubah arah dan berbalik badan saat bermain sepak bola. Di samping itu, kelenturan berpengaruh dalam mencegah terjadinya cedera di bagian persendian dan otot. Program latihan tersebut dapat diterapkan dengan melakukan peregangan dengan benar berupa mencium lutut, sikap lilin, dan lain-lain.

Setelah melakukan berbagai bentuk latihan fisik sudah lakukan, yang paling penting di antara semuanya adalah selalu menjaga asupan gizi. Karena dengan menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh, dapat mengoptimalkan energi dalam bermain sepak bola atau dalam pertandingan yang sesungguhnya. Selain asupan, pola dan porsinya pun mesti dapat disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Secara signifikan, para pemain sepak bola membutuhkan lebih banyak konsumsi karbohidrat dan dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air yang mengandung rehydrate untuk memudahkan seorang pesepakbola dalam mencerna karbohidrat agar lebih cepat.

Jika menjadi seorang pesepak bola sudah lama menjadi bagian dari impianmu dan ingin serius dalam mencapainya... kamu bisa mulai lakukan kelima olahraga tersebut secara rutin loh. Bahkan meskipun kamu cukup puas bahwa sepak bola hanya menjadi bagian dari hobimu diwaktu luang, tidak ada salahnya juga menjalankan latihan diatas. 

Karena selain untuk pemain sepak bola, olahraga tersebut juga bisa digunakan untuk kegiatan rutinitas olahragamu untuk menjaga kondisi tubuh. Termasuk saat harus melintasi lautan manusia demi nonton pertandingan timnas Indonesia vs Islandia nanti gaesss ;D Jangan lupa beli tiketnya dan yuk mulai siap-siap jaga kondisi dan olahraga sekarang, jangan sampai udah beli tiket eh pas hari H malah sakit nggak bisa pergi :( Sayang banget kan...

1 comment:

  1. Nonton bola kau cuma final worldcup, itu juga cuman ikut teriak teriak siapapun yg goal-in. Ngerti juga kagak. Hahaahahaa

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home