Wednesday, January 31, 2018

DARI ATAS BUKIT 4 PANTAI INI, ADA PEMANDANGAN CANTIK MAKSIMAL

Sudah lama banget nggak lihat pantai deh...
Padahal sih saya lahir dan besar di daerah pantai, begitu kerja kok ya perusahaan pertama tempat saya bekerja masih deket-deket dengan bidang maritim. Nggak tahu deh kenapa saya bisa nggak bisa jauh dari laut dan pantainya begitu.

In person saya nggak segitu cintanya sama laut seperti ya sebutlah beberapa kenalan saya yang sering banget mengupdate need vitamin sea di akun media sosial mereka. Kayaknya udah keseringan aja main di pantai atau kemping dekat pantai sampai nggak bisa mandi berhari-hari dan kulit kebakar karena belum kenal sunblock. Untungnya pas masih muda *ehem* jadi kulit kebakar masih gampang balik lagi. Coba kalau sekarang :p

Tapi kadang saya jadi ikutan pengin juga main ke pantai-pantai lain yang punya ciri khas sendiri. Karena kan secantik-cantiknya pantai di daerah saya lebih cantik lagi pantai-pantai yang masih terawat dengan baik dan masih sangat alami cantiknya. Biasanya justru terletak di daerah-daerah yang penduduknya tidak banyak. Kalau di Jawa kita mengenal Karimun Jawa, di bagian timur Indonesia semua pantai sama. Sama cantiknya dan sama-sama nggak ada yang jelek, meskipun tetap per lokasi pantai punya sisi kespesialannya sendiri.

Terakhir ke Bali beberapa bulan lalu bareng suami juga gitu. Ya antara dia yang seneng banget eksploring wisata alam vs saya yang suka pemandangan bagus tapi males gerak kalau udah ngerasa nyaman di suatu tempat. Yang jelas selama di Bali, setiap harinya kami berusaha dapet tempat nonton sunset yang bagus. Alhamdulillah dapet semuanya.

Kamu suka pantai juga? Menurut kamu, apa sih yang bikin pantai termasuk objek wisata alam yang paling banyak diminati para traveler?

Iya sih pantai memang menjanjikan perubahan kulit menjadi lebih eksotis untuk para turis yang mendambakan kulit berwarna tan dan aneka olahraga air yang bisa dilakukan saat berada disana. Meskipun indahnya pantai bukan cuma sekadar pasir putih yang terhampar dan dilawan debur ombak tapi juga keindahan secara utuh baik dari pemandangan keseluruhan yang mata kita bisa capai. Paduan antara garis laut nun jauh disana dengan langit biru cerah dan awan, keindahan matahari terbit dan tenggelam, serta pemandangan disekitarnya apalagi jika disekitarnya terdapat bukit-bukit dengan tanaman lebat yang memanjakan mata. Tapi tahu nggak kalau indahnya pantai akan semakin maksimal saat dinikmati dari kejauhan. Masa? Bukannya kalau jauh malah nggak kelihatan?
Mungkin ini karena kamu belum pernah mencoba, coba deh sekali waktu kalau ada sarana dan prasarana yang lengkap untuk menikmati pemandangan pantai dari sudut pandang atas. Salah satunya adalah dari atas bukit.

Apalagi kalau senja mulai menjelang dan kita bisa menikmati keindahan luar biasa dalam gambaran yang lebih besar, sehingga lebih dari matahari terbenam dengan warna jingga yang kita pandangi sembari duduk diatas pasir putih. Wah wah nggak heran kalau dengan hanya membayangkannya saja sudah bikin para penggila vitamin sea langsung kebelet pengin cuti dan pengin segera buka website tiket pesawat online dan membeli tiket ke pantai idaman.

Nah, dimana saja kira-kira pantai yang dikepung bukit untuk bisa dijadikan spot tepat untuk menikmati keindahan pantai secara maksimal dari atas? Beberapa pantai ini memenuhi kebutuhanmu untuk bisa menikmati keindahannya secara utuh dari atas bukit:

1. Pantai Seger di Nusa Tenggara Barat
Saat ke Lombok memang tidak salah kalau kamu langsung memasukkan beberapa nama pantai ke dalam daftar itinerary selama jalan-jalan disana.

Di Pantai Seger ada perbukitan yang dapat dengan mudah dinaiki. Karena bukit-bukit tersebut tidak terlalu tinggi dan terjal maka tidak memerlukan tenaga dan usaha yang besar saat menaikinya. Dari atas bukit itu kita bisa menikmati indahnya Pantai Seger secara keseluruhan.

Apalagi kalau matahari sedang terbenam, langit yang berwarna jingga atau yang sering disebut dengan vanilla sky akan menjadi pemandangan tak terlupakan. Sendu-sendu serasa lagi syuting ftv atau lagi syuting video klip Vanilla Twilight-nya Owl City?

2. Pantai Anora di Karimun Jawa
Di sekitar Pantai Anora ada bukit kapur yang menjadi ciri khas dari pantai ini. Berbeda dari pantai daerah lain yang biasanya berdekatan dengan bukit hijau, di pantai ini adanya bukit kapur yang lengkap dengan tumpukan bebatuan.

Dari atas bukit itu kita bisa dengan bebas menikmati angin pantai yang berembus kencang. Bahkan, tidak hanya keseluruhan pantai yang bisa kita nikmati, tapi juga gugusan terumbu karang yang dengan jelas terlihat di dalam air laut yang masih sangat jernih itu.

Jika sedang mencari tempat untuk merenung dan juga berkontemplasi, Pantai Anora memang sangat direkomendasikan apalagi kalau saat bukan musim liburan dan pantai masih sepi. Tentu dengan catatan saat cuaca aman ya, karena kita harus naik transportasi laut dulu untuk sampai kesana. Sementara jika cuaca sedang tidak bagus, bukan hanya kita akan kesulitan sesampai disana, tapi semua yang sudah kita rencanakan juga bisa jadi sia-sia.

Paling enak kalau cuaca lagi cerah, bukan musim liburan, kamu pun juga bisa ambil cuti. Nah langsung deh cari promo tiket Sriwijaya di Reservasi.com dengan rute penerbangan terdekat yang Karimun Jawa.

3. Pantai Padang Betuah di Bengkulu
Pantai yang berlokasi di wilayah Provinsi Bengkulu ini menjadi satu lagi tempat yang sangat direkomendasikan untuk menikmati keindahan pantai dari atas bukit. Bukit yang berada di dekat pantai itu memang berbatu namun di sekitarnya dipenuhi dengan lansekap padang rumput hijau yang menambah keindahan di sekitarnya.

Kalau biasanya saat tiduran di rumput angin yang dirasakan adalah angin segar, lain jika merasakannya di sini, angin tersebut adalah angin laut khas pantai yang berbau laut dan terasa beda.

Mau berkontemplasi di sini sangat pas, apalagi kalau membuka tenda dan berkemah semalaman. Wah akan jadi pengalaman yang luar biasa pasti. Keren banget kan? *kemudian langsung mau cari website tiket pesawat online untuk segera terbang ke sana.

4. Pantai Mandalika di Nusa Tenggara Barat
Untuk menuju ke sini cukup mudah karena ada tiket Sriwijaya di Reservasi.com dengan penerbangan langsung ke Nusa Tenggara Barat. Hamparan luasnya membuat perpaduan warna biru laut dan hijau rumput jadi pemandangan yang indahnya kebangetan.

Apalagi angin segar dan udara yang bersih yang melengkapi keindahan pantai itu sendiri yang memang sudah cantik secara alami. Menikmati detik detik matahari terbit di sini adalah satu momen yang harus kamu coba lakukan seumur hidup. Dijamin nggak akan menyesal deh jauh jauh datang ke sini. Justru kita akan sangat mensyukuri kesempatan untuk berada disana dan menikmati pemandangan yang disajikan.

Jadi itulah beberapa dari daftar pantai-pantai yang terdapat bukit di area sekitar pantai tersebut sehingga bisa dijadikan sudut pandang baru untuk melihat keindahan pantai secara lebih maksimal dari atas bukit. Nggak selalu ada pantai berbukit lho, karena itu sayang banget kalau kamu melewatkan kesempatan untuk menikmati pemandangan pantai dan keindahannya dari atas bukit. Kalau kamu ada kesempatan untuk mengunjungi salah satu atau bahkan semua pantai yang ada di dalam daftar diatas, jangan lupa untuk membawa perangkat foto yang lengkap untuk mengabadikan momen terbaik saat disana ya biar kenangan dan pengalamannya nggak sia-sia dong...

Apa lagi yang harus dibawa? Selain kamera tentu saja kita juga harus mengenakan pakaian atau outfit yang menarik tapi tetap nyaman dikenakan untuk aktivitas outdoor sehingga hasil fotonya juga lebih oke (apalagi kalau untuk dipajang di media sosial). Lalu bawa juga sunblock untuk melindungi kulit biar terbebas dari penuaan dini dan kulit kebakar ya! ;)

3 comments:

  1. Di pantai parangtritis jogja juga ada looh mbak, spot menikmati pantai dari bukit. Dulu pernah kesana pas lg sunset. Cakeepp. Cuma emg tempat nongkrongnya agak miring2 gitu bukan ala2 gardu pandang yg udah rata.Dan emg ngos2an juga sih naiknya. XD

    ReplyDelete
  2. Di Jepara banyak pantai, tapi kalau ke daerah lain dan ada pantai tetep seneng aja. Paling suka pantai yg sepi. Kalau byk org sering berisik

    ReplyDelete
  3. Aku kemarin enggak ke pantai Anora pas ke Karimunjawa. Padahal sudah direncanakan ke sana, tapi akhirnya berubah karena waktu. Yahhh kalau bukan pergi sendiri begitu resikonya. Enggak sebebas biasanya. Tapi tetap senang kok.

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home