Thursday, June 28, 2018

8 SAYUR MAYUR YANG PERLU KITA KONSUMSI SELAMA BULAN PUASA

Selamat berpuasa kembali bagi teman-teman yang sedang menunaikan!
Yap meskipun Ramadhan sudah berlalu dan kita sudah merayakan Idul Fitri, namun pasti sudah ada diantara teman-teman yang kembali berpuasa, alias berpuasa sunnah.
Atau masih sedang fokus puasa membayar ganti Ramadhan kemarin yang sempat bolong karena sebab yang dibolehkan?

Yang jelas selama menjalankan ibadah puasa, pasti ngerasa dong tubuh kita mengalami dehidrasi. Tantangan haus justru lebih besar bagi sebagian orang ketimbang menahan lapar karena aktivitas yang melelahkan, berada di ruangan ber AC yang dingin maupun outdoor yang panas teriknya sama-sama membuat tubuh kita dengan cepat kehilangan cairan dan merasa dehidrasi. Kulit pun tidak luput dari pengaruh dehidrasi, menjadi lebih kering dan kasar selama berpuasa.

Maka dari itu sebagai tindakan preventif agar tubuh tidak cepat dehidrasi, kita perlu mengkonsumsi sayur-sayuran yang memiliki kandungan air tinggi saat sahur atau buka puasa. Dengan memakan sayur-sayuran secara rutin, selain tubuh kita akan memiliki energi lebih, sayur-sayuran yang kita konsumsi juga sekaligus dapat mendinginkan suhu tubuh yang tinggi akibat udara panas lho.

Nah, dibawah ini adalah daftar 8 sayur-sayuran yang dianjurkan untuk kita konsumsi selama menjalankan ibadah puasa.

Brokoli
Brokoli sangat kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayur-sayuran pertama yang perlu kita konsumsi saat sedang berpuasa adalah brokoli. Sebagai sayuran yang mampu memberikan tenaga kepada tubuh, brokoli juga memiliki manfaat lain yaitu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi, dengan mengkonsumsi brokoli, kita juga jadi tidak mudah sakit.

Wortel
Tahu nggak kalau wortel memiliki kandungan air yang tinggi? Meskipun sepintas tidak terlihat kaya akan air namun ternyata kandungan air pada wortel cukup tinggi lho. Makanya wortel juga termasuk dalam daftar sayur-sayuran yang perlu dikonsumsi selama bulan puasa untuk menghindarkan diri kita dari dehidrasi.

Bayam
Jangan lupa mengkonsumsi sayur bayam yang memiliki serat tinggi. Selain mengonsumsi sayur yang memiliki kandungan air tinggi, kita juga harus mengonsumsi sayuran kaya serat loh teman-teman. Contohnya adalah bayam. Sayuran yang satu ini memiliki kandungan serat tinggi yang dapat menunda rasa laparmu hingga 14 jam. Wah, cocok disantap untuk sahur, nih... Nggak salah kenapa sayur ini jadi makanan favorit Popeye yang dalam waktu singkat langsung bikin badannya segar bugar ;)

Mentimun
Mentimun bisa dikonsumsi baik saat sahur dan buka puasa. Mentimun bisa mencegah panas dalam dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Teman-teman bisa menyantap mentimun dengan memasaknya bersama sayur lain misalnya dicampur dalam sayur bayam bening atau dibuat menjadi jus. Segar! Dimakan dalam bentuk rujak juga boleh asalkan jumlah cabe dan kacangnya harus terkontrol juga ya, jangan berlebih dan jangan disamakan dengan standar kita ketika tidak sedang berpuasa. Kalau over, wah bukannya malah menjaga tubuh kita dari dehidrasi justru malah kita dehidrasi akut karena diare.

Seledri
Saat sedang berpuasa, terkadang bau mulut pun muncul. Yuk, cegah bau mulut dengan konsumsi seledri! Dikenal sebagai sayuran yang kaya akan elektrolit dan serat, seledri dapat meningkatkan produksi air liur yang mampu membersihkan mulutmu dan membuatnya tetap lembap. Jadi, masukan selederi ke dalam menu sahurmu, ya.

Tomat
Tahukah teman-teman bahwa kandungan air pada tomat dapat membuat tubuh kita tetap terhidrasi dengan baik? Kamu bisa mengonsumsi tomat dengan mengubahnya menjadi jus maupun tambahan yang yummy sekaligus sehat jika semisal kita telat terbangun sahur dan hanya sempat menyiapkan mie instan.

Paprika Merah
Biar tubuh kita tidak lemas selama puasa, kita juga butuh asupan vitamin C yang cukup. Jika tidak ingin membeli suplemen makanan dan lebih memilih sayur-sayuran, paprika merah bisa menjadi pilihan yang sangat tepat karena sayur ini memiliki kandungan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuhmu.

Daun Selada
Buat salad dengan menggunakan daun selada segar, yuk! Psst... kandungan air yang terdapat pada daun selada bisa menghidrasi tubuh kita loh. Menu salad bisa dimasukkan sebagai menu pembuka saat sahur dan buka puasa, pokoknya sesuai selera aja. Padukan dengan sayuran lain seperti kentang dan sumber protein seperti telur agar lebih lezat dan bikin semangat makannya yah!

Selain lezat, sayur-sayuran memang memiliki berbagai manfaat baik untuk tubuh. Yuk, konsumsi 8 sayur-sayuran di atas selama bulan puasa agar tubuhmu terhidrasi baik dan mendapat asupan gizi yang benar.

No comments:

Post a Comment

Next Page Home