Tuesday, June 5, 2018

AKSESORI PELENGKAP BUSANA MUSLIM YANG BISA JADI ADDED VALUE DALAM PENAMPILAN PARA PRIA

pic source: pixabay.com
Nggak seperti busana muslim wanita yang punya banyak banget pilihan model dan bahkan trend fashion-nya sendiri yang berubah setiap tahun dengan semakin banyaknya local brand yang berfokus ke pakaian muslimah serta designer-designer muslimah berbakat membuat trend busana muslim untuk wanita serasa nggak ada habisnya. Ini tentu saja bertentangan dengan model baju muslim pria terbaru yang pada umumnya hanya berupa kemeja dan celana panjang.

Bagi kaum pria yang sangat peduli fashion dan penampilan, pasti dong pengin tetap terlihat modis dan memerhatikan style berpakaiannya. Meskipun mungkin dalam tahapan yang sederhana seperti faktor kerapian busana, dan aksesori serta benda lain yang juga dikenakan sesuai kebutuhan. Percaya nggak benda-benda yang kita bawa karena butuh juga bisa menjadi aksesoris yang memberikan added value saat kita pakai baik sedang digunakan atau tidak seperti jam tangan, peci dengan desain yang cocok dengan bentuk wajah, sandal yang nyaman dan aksesori pendukung lain.

Yuk, simak beberapa aksesori yang sehari-harinya memang biasa kamu kenakan berdasarkan kebutuhan tanpa menyadari bahwa itu dapat menjadi added value dalam penampilan agar tidak hanya terlihat bersih dan rapi namun juga enak dilihat. Apa aja sih?

Jam tangan 
pic source: pixabay.com
Ada yang bilang jika pria yang memakai busana muslim akan terlihat kuno dan tidak keren. Siapa bilang? Busana muslim tidak akan membuat kamu nampak kuno apalagi tidak keren, justru sebaliknya loh... meningkatkan kharisma dan terlihat responsible + dependable. Lebih terlihat suamiable bagi para single dan makin charming di mata pasangan buat yang udah menikah *eheum eheum*.

Meskipun ya tergantung sudut pandang kamu sendiri tentang busana muslim sih. Kalau menurut kamu kurang stylish dan maskulin, bisa kok diakalin dengan memakai jam tangan gitu contohnya. Karena sekarang ini jam tangan tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu. Namun, dengan menggunakan jam tangan yang keren, nggak diragukan kalau outfit kamu secara keseluruhan juga bakalan meningkat nilainya dengan apapun yang kamu kenakan, termasuk dalam balutan busana muslim.

Peci atau Kopiah
pic source: pixabay.com
Peci merupakan aksesori penting dan utama yang harus ada saat pria mengenakan busana muslim. Tak lengkap rasanya jika beribadah tidak mengenakan peci. Peci ini berfungsi untuk menutupi rambut bagian depan supaya tidak menghalangi dahi saat sujud pada gerakan salat. Umumnya, peci yang dijual di pasaran dan dipakai oleh kebanyakan orang adalah peci berwarna putih dan hitam. Tapi meskipun memang tidak sering terjadi, kita bisa bilang bahwa sekarang sudah banyak model peci yang tersedia dalam varian warna, corak, dan desain. Ada yang berbentuk kaku persegi panjang, ada juga yang desainnya kain dan ketika dipakai akan mengikuti bentuk kepala pemakainya.

Setiap pria muslim biasanya memiliki setidaknya satu peci dengan warna netral. Jika kamu pria yang menyukai fashion dan senang bereksperimen mungkin kamu akan cepat bosan dan ingin memiliki dan memakai peci dengan macam-macam corak dan motif. Style fashion yang atraktif dan tidak membosankan mungkin sudah jadi signature style kamu. Tapi percaya deh kalau berhubungan dengan atribut beribadah atau perlengkapan berbusana muslim, kesampingkan dulu keinginan eksperimen fashion itu. Warna-warna yang netral dan down to earth lebih direkomendasikan disini karena dalam berbusana, Islam selalu menekankan pada konsep modesty.

Bukan berarti nggak bisa fashionable kok, contohnya saat sedang memilih peci pastikan warna peci yang kamu pakai senada dengan warna busana muslimmu ya, guys! Senada sekaligus tidak mencolok tentu saja. Nggak akan rugi punya beberapa warna peci kok misalnya krem, putih dan hitam karena tidak hanya sebagai salah satu aksesori untuk keperluan beribadah, ada beberapa kalangan terutama dari generasi yang lebih tua juga mengenakan peci ini untuk membuat penampilan lebih formal di acara resmi.

Sandal
pic source: pixabay.com
Jika orang berlomba-lomba berburu fashion style sepatu yang trendi dan modern, untuk keperluan busana muslim kamu tidak perlu demikian loh, guys! Karena sekali lagi bahwa Islam menuntun umatnya untuk berpenampilan sederhana dan tidak berlebihan. Begitu juga untuk melengkapi penampilan busana muslimmu, kamu hanya perlu menggunakan sandal yang nyaman. Saat ini, model sandal sudah beragam dan bisa kamu sesuaikan dengan style dan atribut berpakaian sehari-hari kamu.

Sajadah 
pic source: pixabay.com
Apakah kamu termasuk pria yang selalu membawa sajadah saat berangkat beribadah ke masjid? Jika iya, kamu harus tahu bahwa bahkan cara membawa sajadah yang tepat bisa kamu jadikan salah satu aksesoris pendukung penampilan busana muslimmu. Bagaimana caranya? Ya, pastikan kamu telah melipat sajadah menjadi persegi panjang dan letakkan sajadah di bahu sebelah kanan atau kiri.

Nah, itu dia beberapa aksesori yang bisa kamu jadikan pilihan ketika mengenakan busana muslim pria. Namun, perlu diingat bahwa referensi diatas tidak wajib untuk kamu kenakan semua. Cukup pilih beberapa aksesori yang simpel agar penampilanmu tidak berlebihan. Pastikan juga untuk memerhatikan paduan warna aksesori dan busana muslim kamu supaya tetap senada, pantas, bersih rapi dan enak dipandang tanpa norak, Jika sudah demikian, jangan lupa untuk tetap percaya diri dalam setiap langkah menuju masjid, ya!

No comments:

Post a Comment

Previous Page Next Page Home