Monday, December 3, 2018

DINILAI COCOK DI LIDAH SEMUA ORANG, MASAKAN JAWA BERIKUT INI PATUT JADI MENU JAMUAN


Kekayaan seni dan budaya indonesia memang seakan tidak ada habisnya. Ciri geografis Indonesia yang terdiri dari negara kepulauan ditinggali oleh berbagai suku yang memiliki budaya yang berbeda. Keberagaman kebudayaan ini juga menimbulkan beberapa daerah memiliki makanan khas daerah masing-masing yang berbeda dengan daerah lain.

Bahkan di wilayah pulau jawa sendiri, kekayaan budaya khususnya kekayaan kuliner sudah sangat kaya dan beragam. Karena mayoritas penduduk Indonesia berasal dari tanah Jawa, yang mampir atau tinggal menetap di berbagai daerah di Indonesia. Ini membuat makanan jawa menjadi sangat populer hingga diseluruh Indonesia karena banyak dikenal. Sebagai bahan referensi, berikut ini beberapa aneka masakan Jawa yang populer karena enak dan rasanya cenderung mampu diterima oleh lidah orang Indonesia secara umum terlepas dari asal suku dan daerah. Dan bisa banget kita buat sendiri di rumah sebagai menu andalan untuk jamuan kepada tamu maupun sanak saudara yang berkunjung ke rumah kita:

Rawon
Deretan pertama masakan Jawa yang enak dan populer adalah Rawon. Ciri khas paling mencolok dari masakan ini adalah kuah nya yang berwarna hitam yang terbuat dari bumbu kluwek. Biasanya Rawon disajikan dengan potongan daging sapi, tauge, bawang goreng, hati, kerupuk udang, dan nasi putih. Untuk membuat Rawon semakin menggugah lidah, kalian bisa menambahkannya dengan sambal dan kecap. Daerah Jawa yang terkenal memiliki Rawon yang enak adalah Pasuruan.

Soto
Daftar rekomendasi berikutnya adalah Soto, Soto sendiri sudah cukup terkenal dengan kuah berwarna kekuningan yang diberi tambahan daging ayam atau daging sapi sebagai lauk. Bisa dibilang masakan satu ini merupakan makanan dengan jenis yang paling banyak diantara makanan khas jawa lainnya. beberapa daerah yang terkenal dengan soto nya yang khas adalah Lamongan, Madura, Kudus, Jepara, dan Kediri.

Tongseng
Makanan khas Jawa selanjutnya adalah Tongseng. Secara umum, Tongseng merupakan masakan sejenis Gulai yang memiliki campuran rempah-rempah yang cukup tajam. Namun berbeda dengan gulai, Tongseng biasanya dibuat menggunakan daging kambing atau daging sapi yang berdekatan dengan tulang seperti tulang iga atau tulang belakang. Meski kebanyakan menggunakan daging kambing atau daging sapi, namun tidak sedikit juga beberapa daerah memiliki bumbu Tongseng ayam khas yang memiliki cita rasa yang tak kalah gurih dan enak. Cara membuat Tongseng memang terbilang cukup sulit sehingga untuk menghasilkan olahan Tongseng yang sempurna kalian perlu sedikit memiliki basic memasak sebelumnya.

Sate
Siapa yang tidak mengenal olahan daging bakar yang di tusuk pada kayu ini. Sate sendiri merupakan makanan khas dari Indonesia khususnya Jawa yang sangat populer hampir di seluruh Indonesia. secara umum Sate biasanya merupakan olahan daging yang dipotong kecil-kecil, kemudian di tusuk dengan lidi atau semacam nya dan kemudian dibakar bersama bumbu rempah. Paling sering disajikan bersama dengan bumbu kacang dan dimakan dengan lontong. Daerah yang terkenal dengan olahan sate nya antara lain Madura, Ponorogo, dan Kebumen.

Opor Ayam
Selanjutnya adalah Opor Ayam. Jika kalian seorang muslim, kalian pasti sudah cukup akrab dengan salah satu masakan khas lebaran ini. Opor Ayam sesuai namanya terbuat dari potongan daging ayam yang dicampur dengan kuah yang diberi Santan dan rempah-rempah tradisional seperti kencur, serai, dan sebagainya. Karena biasanya di buat saat momen lebaran, Opor biasanya disajikan menggunakan ketupat, lontong maupun nasi.

Demikian beberapa daftar aneka masakan Jawa yang terkenal dan tentu saja memiliki rasa yang enak. Kebanyakan dari kalian pasti sudah familiar dengan masakan-masakan tersebut, utamanya yang tinggal di Ibukota. Setelah mengetahui makanan khas tersebut, sebagai warga negara yang baik, tugas kita adalah menjaga kelestarian kuliner khas daerah kita sendiri agar tidak tergerus dan tetap bertahan di tengah era globalisasi saat ini.

No comments:

Post a Comment

Previous Page Next Page Home