Friday, January 12, 2018

RESEP CHOCO MACAROON SUPER MUDAH

pic source: pixabay.com
Hampir semua orang yang doyan nonton, baik nonton film, acara televisi atau tayangan apapun memiliki kegemaran menononton tayangan favoritnya sembari mengemil. Yap, cemilan memang sudah lama menjadi bagian tak terpisahkan seperti teman nonton setia yang selalu wajib hadir. Apalagi jika sedang berkumpul dengan keluarga, nonton bareng tanpa ngemil kayaknya berasa garing gitu deh. Aneka cemilan apapun yang disimpan di rumah pasti dicari, baik gurih maupun manis yang penting bisa dimakan bareng-bareng.

Salah satu cemilan yang pas untuk menemani tontonan keluarga adalah macaroon. Kue asal Perancis ini memiliki tekstur yang renyah diluar namun lembut didalam. Sudah tahu belum kalau bahan utama untuk membuat kue macaroon itu putih telur? Membuatnya cukup tricky karena jika salah mengocok dan memanggang, bisa gagal semuanya. No wonder lah ya harganya cukup mahal di toko-toko kue ternama. Namun disini kita akan sama-sama mencoba dan mempraktekkan resep dan trik untuk membuat kue macaroon ini dengan cara yang semudah mungkin. Penasaran?

Bahan:
50 gram putih telur diamkan suhu ruang semalam, jangan lupa ditutup dengan penutup makanan agar tidak ada serangga nyasar
150 gram almond bubuk
150 gram gula halus (biasa dipakai untuk taburan donat/roti kampung)
1/4 sendok teh pasta cokelat atau lelehan dark cooking cokelat jika tidak ada
25 ml air
150 gram gula pasir
40 gram putih telur
1 sendok makan cokelat bubuk (bukan susu bubuk rasa cokelat) untuk taburan

Filling:
100 ml whipped cream
200 gram dark cooking chocolate potong-potong dadu
50 gram unsalted butter, jika tidak ada bisa diganti dengan mentega tawar dingin

Cara membuat:

#1 Campur almond bubuk dan gula halus. Aduk rata. Tambahkan putih telur dan pasta cokelat ke dalam adonan. Aduk perlahan hingga tercampur rata dan tidak ada bubuk yang menggumpal. Sisihkan.

#2 Campur air dan gula pasir. Masak tanpa diaduk hingga posisi termometer soft ball (260 derajat Fahrenheit/116 derajat Celcius) 

#3 Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga setengah mengembang. Setengah mengembang berarti belum sampai putih kaku, adonan biasanya masih berwarna kuning dan masih lembut, masih banyak cairan. Tuang sirup gula panas sedikit-sedikit ke dalam kocokan putih telur yang masih setengah mengembang tadi. Kocok hingga kaku dan berwarna putih pertanda sudah mengembang sempurna dan bowl tidak panas lagi.

#4 Tata adonan dengan spuit diatas loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti. Tepuk-tepuk bagian bawah loyang untuk menghilangkan gelembung udara di adonan. Diamkan 3-5 jam hingga adonan kering. Ayak cokelat bubuk.

#5 Oven dengan api bawah suhu 140 derajat Celsius 15 menit hingga matang.

#6 Filing, panaskan whipped cream (jangan sampai mendidih agar krim tidak pecah). Tambahkan potongan-potongan dark cooking chocolate. Campurkan dan aduk hingga larut. Setelah larut, berhenti aduk dan biarkan dingin. Kocok unsalted butter atau mentega tawar dingin dengan kecepatan sedang hingga lembut. Masukkan campuran cokelat masak dengan whipped cream kemudian kocok rata.
#7 Ambil sebuah macaroon. Semprot tebal ditengah sebagai filling, tutup dengan semprotan adonan macaroon.

#8 Masukkan dalam lemari es 1 malam. Sajikan dingin untuk rasa terbaiknya.

Macaroon sudah siap disajikan dan disantap bersama keluarga saat sedang menonton film dan tayangan favorit. Jangan lupa untuk memasang sound bar agar suaranya terdengar jernih dan jelas ditelinga, sehingga tidak ada dialog yang terlewat dari pendengaran kita. Ingin mencari speaker sound bar terbaru? Coba deh surfing ke website Panasonic sekarang juga.

No comments:

Post a Comment

Previous Page Next Page Home