Friday, April 2, 2010

KALAU SEDIH JADI KETERLALUAN...


taken from random

Sebelumnya saya heran pada beberapa orang yang mengaku tidak bisa menulis ketika banyak faktor yang dirasakan tidak mendukung.

Dari dulu saya sering menolak fakta itu dengan anggapan : saya bisa menulis setiap hari! pasti! meskipun yang saya tulis hanya beberapa kalimat saja.

Ternyata apa yang dialami orang-orang tadi pada akhirnya merembet pada saya. Ada masa-masa saya sama sekali tidak bisa memenuhi lebaran ini dengan omong-omong saya. Dari yang setiap hari posting mendadak meloncat jadi dua hari sekali, tiga hari sekali. Dan saya tidak bisa menjelaskan apa sebabnya.

Dulu ketika saya sedang bersedih, saya malah dengan lancar bisa menulis prosa-prosa atau cerpen yang juga sedih... Beberapa waktu ini saya tahu akan sesuatu. Bahwa rasa sedih tidak melulu sebagai cambuk saya untuk menuliskan perasaan saya, kadang jika rasa sedih yang saya rasakan sudah keterlaluan membuat saya jadi dingin. Saya bahkan tidak sempat untuk mengeluarkan perasaan buruk itu dalam bentuk tulisan, untuk meringankannya. Ah bukannya tidak sempat, kemauan saya saja yang kurang.

Mungkin rasa sedih saya yang akhir-akhir ini keterlaluan, membuat saya bahkan hanya diam dan keseringan menatapi lembaran-lembaran itu dengan 'bengong' pada saat-saat tertentu. Membuat saya malas melakukan berbagai macam hal kecuali berlindung dibawah selimut atas apa saja yang mungkin bisa jadi melukai saya.

Saya percaya selimut adalah satu hal dari semua keajaiban dunia, ketika berada dibawahnya saya merasa punya dunia baru, dimana cuma ada saya ehehehe ^o^ *ketawa lebar*.

Kata seorang teman, saya hanya terlalu melankoli sampai terlalu gampang tumbang, terlalu gampang cengeng. Yang saya pikir sih tidak juga. Saya hanya cengeng saat menulis seperti ini, saat berdo'a, saat merasa terluka (hehe yaiyalah) tapi saya kan ngga menye-menye minta bantuan semua orang untuk meringankan duka saya. Saya ngga lantas memenuhi wall facebook  seperti orang-orang lain dengan semua kesedihan saya yang bikin orang lain tanya : kamu kenapa sih? Saya juga ngga lantas pergi kemana-mana dengan dandanan berantakan dan muka melas.

Ketika orang berada pada titik sedihnya yang paling dalam, mereka akan mengekspresikannya dalam berbagai hal.. yang tanpa sadar akan memancing tanggapan dari orang lain, entah yang diinginkan atau tidak diinginkan. Maka saya, ketika merasa sedih saya dalam batas terlalu.. hal yang akan saya lakukan adalah : diam. Diam dan lebih banyak berbicara pada diri sendiri ketimbang pada orang lain. Saya juga akan kesulitan menuliskan seberapa sedih saya saat itu. Mungkinkah saya begitu introvertnya?

Tapi yang pasti saat ini, saya ngga punya banyak alasan untuk sedih. Tidak banyak, atau bahkan tidak ada ^__^ Segala macam kesedihan yang saya rasa, selalu diimbangi dengan tawa dan hal-hal kecil yang membuat saya bisa bersyukur. Saya akan bersedih, saya masih manusia.. saya hanya tidak akan melakukannya setiap hari sampai membuat saya jadi orang yang layak dikasihani.

Saya benar-benar belajar dari keadaan ya, meskipun hasilnya posting ngga nyambit ini :D

Wah, it's makes me happy! :)

Tuh kan, banyak hal kecil membahagiakan yang bisa kita temukan sehari-hari.... Jadi apa hal kecil membahagiakan yang kalian temukan hari ini?


42 comments:

hartik sarbini said...

pertama :D

hendro-prayitno said...

justru anyin itu tegar,,melankoli bukan berarti cengeng kan?

the others said...

Nah.., gitu dong..! Semangat ya.., karena setiap hari Allah telah memberikan banyak sekali keindahan utk kita. :ok

catatan kecilku said...

Hal yang membahagiakan bagiku adalah spt yg barusan aku posting beberapa menit yg lalu... ^_^

Dlm Bloglist-mu alamat blogku masih pake "dotcom" padahal sudah sejak Pebruari kemarin aku kembali ke "blogspot", jd postingan baruku tak bisa muncul. ^_^

loopdreamer said...

oke siiip... dan aku memang sangat suka dengan kata "semangat"...

Sou Stalker said...

kalo cewe melo / cengeng,ya biasa mbak,namanya juga cewe. .hehehe. .

hal yang membuat saya bahagia hari ini ? gak ada. . .
soalnya saya baru bangun tidur. .Hahahahaha. .

edo belva said...

ah...mbak anyin kok akhir2 ini sedih mulu sih mbak??
ingat prinsipku : Hidup Itu Indah! Hehehe...

Ivan Rahmadiawan said...

Aku bahagia krna td bgun pg sekali, gak kesiangan. Tp sdih krna blm sholat subuh.

rika riyanti said...

hmmm...saya masih ada hari ini, itulah yang membuat saya bahagia.. slamat pagi mba anyin,.. (^_^)

Daftar Blogger Indonesia said...

SEmua hal apapun itu punya 2 sisin entau itu baik/buruk, miskin/kaya, pitar/goblogk, sakit/ga sakit dll.

saya orang layak di kasihani...?(weleh....weleh)
ga ada makluk yang sempurna mbak...

saya masih dan akan terus belajar untuk menjadi lebih baik dari hari ini...

salam kenal dan salam hangat dari blogger Bali...

Izin follow juga yaph....

abrus said...

Sekarang masih mellowwww ... :( ...
mudah2an @nyin tetap ceria dan bahagia selalu ... :D
salam ceria.

Rhyzaboy said...

Ada kalanya kita sedih dan tertawa sobat....
Salam Blogger!

Ajeng said...

Hal kecil yg membahagiakan saya? Ketika senyum saya bisa membuat orang lain juga tersebyum ^_^
Semangat Dek.. Dunia terlalu indah kalau hanya untuk dibuat bersedih..

tomo said...

Jadi kalau lagi bersedih keluarlah banyak inspirasi ya.wah hebat banget.Andai saja aku bisa begitu

uswah said...

Dibawah selimut sebaiknya tidur langsung hehehe

jadikanhari ini lebih baik lagi said...

pagi teman gimana kabarnya semoga baik baik aja ya

Arum Suryaningtyas said...

hal kecil yang membahagiakan hari ini...melihat mbak anyin bahagia dan bersemangatttt,,,

heheeeee...

Unknown said...

kunjuuuuuuuungg.........

wah, saya juga awal2 posting tiap hari, trus jd dua hari, nah, sekarang dah mulai tiga hari sekali nih,haha...

Clara Canceriana said...

apa ya...hari ini mungkin aku menemukan satu drama bagus yg harus di donlod XD
yah sepele, tapi paling ga, itu bisa meringankan perasaanku yg sekarang...

Aryadevi said...

iya mba, sudah terjawab dengan sendirinya

The Michi said...

yah.. aku setuju pendapatmu.. hanya kemauannya saja yg berkurang..! oke smgt trus kwan..

Thariq said...

menulislah sebelum menulis itu dilarang mbak...hehehehe....

Angin said...

mmmmmmmmmmmmmmmmmm neng anyn

Unknown said...

gak papa kalo lagi sedih gak bisa nulis.

secangkir teh dan sekerat roti said...

enak nih nyn...!

perihal selimut itu.. uhm..kita berbeda, karena saya gag pernah pake selimut, tapi sarung.. :)

NOOR'S said...

Wah..berlindung dibawah selimut, kadang-kadang bisa nemuin ide buat nulis lho..non...
Bisa berkunjung kesini juga membuat bahagia ...

Met wiken...

Anonymous said...

assalamua'alikum....blog walking today
salam kenal mbak ninda......:hi

menulis dan menggambar sama asyiknya mbak...hi2 karena aku suka keduanya apalagi menggambar wuah sama asyiknya kya liburan ke eropa..hi2

Unknown said...

Ya emang gityu mbak..
berlindung dibawah hangatnya selimut kadang membuat kita tenang

Jhoni20 said...

hal yang membahagiakan setiap hari adalah saat pagi saya melihat mata istri dan anak saya dan saya sadar bahwa mereka bahagia!!! itu sebuah kebahagiaan yang tidak ingin saya tukar dengan apapun!!!!

Hendriawanz said...

Memang tidak semua perasaan harus diketahui semua orang. Pasti ada saat-saat tertentu untuk menulis, untuk berdiam. Jadi menurutku ya diikuti saja Nyin.

Lely Prawesti said...

hal yg bikin aku hepi ya libur kali ini bersama hubby... ^^

Anonymous said...

Kalo hanya menulis, saya juga bisa dalam keadaan apapun (kecuali dalam keadaan sakit :#). Tinggal kualitas tulisannya aja yang harus diuji dulu. :D

- said...

Kalau keterlaluan kreatif, tidak apa-apa bukan? Hihi.

Ratusya said...

semua orang bisa menulis kok, asal MAU ajah.
dimulai dari hal2 gag penting seperti yang saya tulis, sampe tulisab bertema dan berbobot *yang gag belum bisa saya tulis*

MONOKROM said...
This comment has been removed by the author.
MONOKROM said...

BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI SAYA, SAYA AKAN MERASA LEBIH MUDAH MENULIS KETIKA SEDANG DALAM KEADAAN SEDIH KHUSUSNYA MENULIS BUKU HARIAN. JADI JANGAN HERAN KALAU 5 BUKU HARIAN SAYA 90% BANYAK YANG BERISI TUMPAHAN KESEDIHAN DAN UNEG-UNEG YANG TAK MENGENAKKAN HATI SAYA. SAYA MENJADIKAN BUKU HARIAN SEBAGAI TEMAN CURHAT SAYA SEKALIGUS OBYEK PELAMPIASAN KESEDIHAN. MEMANG TAK ADIL SIH BAGI SEBUAH BUKU WALAUPUN DIA TAK BERNYAWA. MAKANYA KETIKA AKAN MENULISKAN KESEDIHAN YANG SAYA ALAMI, SAYA AKAN SELALU MENULISKAN KATA MAAF PADA BARIS PERTAMA SEBELUM SAYA MENUMPAHKAN KESEDIHAN SAYA TERLEBIH DAHULU PADA DIARY ITU. KADANG SETELAH SAYA MENULISKAN KESEDIHAN SAYA PADA LEMBARAN DIARY, KESEDIHAH SAYA PUN BERKURANG. SEDANGKAN KETIKA SAYA MERASA SENANG SAYA KADANG JUGA KADANG MENGEKSPRESIKANNYA DENGAN MENULIS, TAPI KALAU HATI SAYA SEDANG SENANG HASILNYA AKAN TERLIHAT PADA TUGAS KULIAH SAYA YANG CEPAT BERES. MENULIS MEMANG MEMBUTUHKAN SUASANA YANG MENDUKUNG DAN MOOD. SAMPAI SAAT INI BUKU HARIAN TETAP MENJADI TEMAN SAYA YANG PALING BAIK KARENA DIA PINTAR MENJAGA RAHASIA, SEPANJANG TIDAK PERNAH DIBUKA OLEH SIAPA SAJA.

kristiyana shinta said...

yahhh,, sometimes we didn't have any word to say,,
take it easy lahhh,, u'll be back like usually :P

kristiyana shinta said...

aq bahhagia karena habis berliburr,, hehhe

aisyah muna said...

hehe..sy juga suka gitu...

lulu said...

semangat yah

Tips Online said...

Memanage kesedihan ...sehingga tidak membebenai pikiran dan perasaan ...antara lain dengan menyalurkannya dalam bentuk tulisan ... biasanya hati jadi plong ...dan tulisan yang dihasilkan biasa lebih berisi karena dibuat dari lubuk hati yang dalam ...tetap semangat ya...

Elsa said...

hal kecil yang membahagiakanku adalah, bisa berkunjung lagi ke rumahnya Anyin setelah aku lama absen ngeblog karena sedang berdukacita.

Previous Page Next Page Home