Saturday, February 9, 2019

FAKTOR PENDUKUNG SUKSESNYA MENJALANKAN BISNIS SABLON KAOS

Sebelum menjalankan sebuah bisnis, berbagai faktor yang menjadi pendukung bisnis tersebut bisa berkembang atau tidak wajib kita ketahui terlebih dahulu. Jangan sampai saat kita sudah terjun ke sebuah bidang bisnis, kita masih tidak tahu menahu mengenai faktor pendukung sehingga bisa tidak hanya mampu menjaga kestabilan bisnis kita namun juga terus meningkatkannya.

Untuk contoh topik bahasan kali ini, kita coba bahas tentang bisnis sablon kaos.

Sebagai orang yang sedang membangun dan mengembangkan bisnis sablon kaos, akan sangat baik jika kita proaktif dalam mencari informasi sebanyak-banyak mengenai faktor yang menjadi pendukung bisnis sablon kaos bisa maju dan berkembang. Dengan begitu kita bisa mempelajarinya terlebih dahulu dan mengetahui kemungkinan-kemungkinan resiko terburuk yang dapat terjadi. Agar kita bisa lebih jelas lagi sebelum memulai bisnis sablon kaos, yuk simak poin-poin penting yang harus kita pikirkan ulang demi kelangsungan bisnis kita tersebut!

1. Tujuan dalam Menjalankan Usaha
Untuk memulai menjalankan usaha sablon kaos, sebaiknya kita menentukan arah dan tujuan mau seperti apa. Tanpa adanya tujuan maka bisnis yang kita jalankan tersebut tidak akan bisa berjalan lancar karena tida terstruktur dengan baik sejak awal. Untuk itu hal yang kebanyakan orang menganggapnya sepele seperti ini pun perlu diperhatikan dan kita pertimbangkan baik-baik.

2.Penentuan Target Sasaran yang Tepat
Seorang pembisnis pasti sudah paham betul dengan yang namanya target sasaran yang akan dituju. Kebanyakan saran dari pebisnis yang sudah sukses melalui bidangnya menyarankan agar kita sebagai orang yang baru mulai merintis bisnis untuk benar-benar memikirkan target sasaran penjualan yang akan kita tuju. Ini penting agar kita bisa lebih fokus dalam proses produksi dan pemasarannya. Jika kita tidak memfilterisasi target sasaran misalnya seperti usia, nantinya akan menyulitkan kita sendiri saat proses pemasarannya.

3. Rencana yang Matang
Perencanaan pada setiap tindakan dan keputusan yang akan dijalankan sangat membantu menciptakan hasil yang baik dan memuaskan. Termasuk dalam dunia bisnis yang membutuhkan segala perencanaan sebelum melakukan tindakan tertentu.

Untuk itu tidak disarankan kepada kita mencoba melakukan tindakan-tindakan tanpa adanya perencanaan terlebih dahulu. Karena hasilnya tidak akan memuaskan seperti ekspektasi yang kita bayangkan. Jadi intinya jangan lupa untuk membuat perencanaan terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan dan keputusan dalam menjalankan usaha sablon kaos agar kita tahu data-data lengkapnya di awal.

4. Bekal Kemampuan yang Dimiliki
Sebaiknya kita tanyakan kepada diri kita sendiri terlebih dahulu. Skill dan passion apa yang kita miliki? Apakah kita survive dengan bidang bisnis sablon kaos yang sedang kita rencanakan tersebut. Karena jika sudah terjun, maka kita harus serius dan mengelolanya 100 persen. Jangan sampai kita melakukannya setengah-setengah, terlebih lagi kita sedang membangun brand yang belum dikenal masyarakat.

Nah dalam hal ini kemampuan yang ada dalam diri kita sangat dibutuhkan untuk membantu kegiatan operasional perusahaan. Karena kita sebagai pengusaha pemula akan dituntut untuk bisa melakukan berbagai pekerjaan. Mulai dari purchase order, produksi, pemasaran, pembuatan laporan (pembelian, penjualan, keuangan) sampai dengan terjun langsung untuk melakukan pemasaran. Ini artinya kita juga harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan berbagai macam karakter para konsumen.

5. Pengalaman
Untuk terjun ke dunia bisnis bidang tertentu, pengalaman seringkali diperlukan. Setidaknya kita memiliki ilmu dalam bidang yang akan kita geluti. Karena jika kita benar-benar awam dan tidak paham bidang tersebut, sudah bisa dipastikan akan cukup sulit untuk membangkitkan bisnis tersebut.

Bisa diambil kesimpulan dalam menjalankan bisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan kegigihan dan kerja keras luar bisa yang bisa dikatakan akan mengorbankan banyak tenaga serta waktu untuk membangunnya.

Sebagai pemula dan lebih tepatnya orang awam, sebaiknya kita memperhatikan beberapa faktor pendukung yang penulis berikan di atas. Dengan mengindahkan informasi yang penulis berikan, diharapkan keinginan kita untuk menjalankan bisnis sablon kaos bisa terwujud dan berhasil. Jangan patah semangat dan selalu berusaha!

1 comment:

  1. kak ninda design kaos juga dong <3 always love your design kak

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar tanpa link hidup ya... Komentar dengan link hidup akan dihapus :)

Previous Page Next Page Home