Wednesday, January 13, 2010

SAHABAT DAN PENGARUH

Saya pernah membaca di sebuah majalah mengenai kecenderungan orang untuk bergaul , berteman atau menyukai orang yang hampir mirip dan menyerupai dirinya. Misalnya dalam hal selera, hobi, cara berpikir dan memandang masalah, atau bahkan tipe calon pasangan hidup :p
Lepas dari itu setiap orang sebenarnya saya pikir, sadar atau tidak pastinya punya parameter untuk berteman dekat dengan seseorang. Entah berdasarkan kemampuannya menjaga rahasia, penampilan, atau yang lain. Mungkin dalam hal berteman artinya bisa meluas, dan akan kedengaran pilih-pilih sekali ketika seseorang hanya mau berteman dengan kalangan tertentu dan kategori tertentu pula. Sekali lagi yang saya bicarakan adalah teman dekat, sahabat.
Lihat konteks ini : jika kita berteman dengan dengan seseorang yang sangat ember dan tidak bisa menjaga rahasia, kita bisa tentu saja. Tapi apakah bisa dan kita mau menerima dia menjadi sahabat yang tahu berbagai macam pikiran terpendam, keinginan, obsesi dan rahasia kita? Sahabat yang biasanya selalu jadi tempat kita berbagi. Nah, sampai disini pasti readers sudah mengerti maksud saya.
Tapi yang saya dapati ternyata teori di pembuka postingan itu tidak melulu benar, kita bisa memulai persahabatan bahkan pada saat dimana kita sama sekali tidak menemukan diri kita dalam seseorang. Kita tidak mendapati kesamaan apapun dalam diri kita dengan sahabat tempat kita biasa berbagi. Saya punya dua sahabat dengan hal-hal unik dalam diri mereka yang tidak ada dalam diri saya. Cara mereka berpikir, cara mereka mengambil keputusan dalam menghadapi masalah.. berbeda jauh dengan saya. Bahkan juga selera dalam hal apapun.
Dan saya mendapati bahwa waktu pertemanan dekat kami yang lama membawa banyak pengaruh. Yah saya tetap tidak sependapat dengan teori majalah yang saya baca itu, tapi saya menemukan bahwa berteman dekat dengan siapapun bisa membuat diri kita berubah, semacam adaptasi dengan orang tersebut.
Saya sering kaget, mungkin karena kelamaan bersama mereka saya jadi ikut suka dengan hal-hal yang disuka sahabat saya. Salah satu sahabat saya suka banget dengan segala macam baju motif bunga-bunga, dan gara-gara dia sekarang saya juga suka.
Sebaliknya, saya suka dengan berbagai macam aksesori macam jam tangan atau baju yang berwarna putih, sahabat saya pun juga jadi ikutan suka. Contoh lain, waktu SMP saya yang sama sekali ngga suka matematika.. gara-gara sebangku dengan sahabat saya yang gemar matematika, saya jadi ikut-ikutan asik ngutak-ngutik rumus-rumus dan angka-angka itu.
Begitu juga dengan teman kos saya yang tentu saja orang paling dekat karena tinggal serumah, teman saya ini cuma suka beli buku tapi jarang dibaca.. sayalah yang banyak membaca buku-buku yang dia beli. Melihat saya yang tiap kali membaca seolah 'tenggelam' dalam dunia lain dia jadi ketularan pengin baca.
Maka bertambah baik atau buruknya dirimu banyak tergantung dari baik buruknya teman dekatmu. Teman yang baik akan bikin kita jadi lebih baik, teman yang ngga baik? Yaah, itu tergantung pada iman kita ya :)
Omong-omong soal 'teman baik' saya mau majang award dari teman-teman saya yang baik nih ;)

dari Mbak Kuya
MAKASIH^^

39 comments:

  1. kalo temenan awalny karena lingkungan ga ya nyin? trus abis itu kalo sama sama asik jadi deket, kalo nyambung jadi deket banget, trus lama-lama jadi sahabat. #halah #ngomongapadehgue

    ReplyDelete
  2. Jadi yang kedua ya dek...buatlah diriku bahagia hehehehe

    ReplyDelete
  3. berteman dekat dengan siapapun bisa membuat diri kita berubah, semacam adaptasi dengan orang tersebut...betol banget
    selamat atas award nya

    ReplyDelete
  4. bener, deket minyak wangi maka jadi wangi,.. ;-)

    ReplyDelete
  5. setuju mbak...
    aku banyak banget dipengaruhi oleh temanku dalam beberapa hal,, hehe

    ReplyDelete
  6. setuju Nyin, bahkan sampe aku dibilang kaka adik sama dia saking deketnya, trus pas smp guruku ga bisa bedain aku dan temenku karena katanya kami mirip....weleh, mirip dari hongkong wong ga ada gen yg nyambung kok..
    cuma hobi dan kesukaan sama ^^


    eh makasih awardnya udah dipajang euy ^^

    ReplyDelete
  7. pengaruh sahabat kpd kita emang besar,itu yg kadang membedakan antara sahabat dgn pacar :)

    ReplyDelete
  8. setuja tuh nyin!!!.........lingkungan pasti sangat berpengaruh pda pribadi kita, termasuk sahabat!!!

    hm.....posting tengah malem lagi nih kayaknya!?!?!?!

    ReplyDelete
  9. iya itu saling mempengaruhi kok...
    teman dan kita...


    tapi kita juga bisa memutuskan mau menerima pengaruh yg mana...

    Contoh, teman saya banyak perokok, tapi tidak mempengaruhi saya untuk merokok...

    teman saya banyak juga yg suka fotografi, makanya saya ikutan membeli kamera dan menyukai fotografi... heheheheh, sekaligus belajar... hehehe

    ReplyDelete
  10. ya, kesamaan hobi bisa membuat 2 org bersahabat.

    ReplyDelete
  11. yup, ada yang bilang teman adalah cerminan pribadi seseorang.
    ada bener nya juga kok, tentang kecenderungan prang berteman dengan yang mirip dengannya, atau setidaknya yang memiliki kesamaan.

    ReplyDelete
  12. Teman bisa merubah dunia kita menjadi lebih baik...btw selamat ya atas awardnya...

    ReplyDelete
  13. hu'oh bener..
    MUFAKAT laah pit sama artikel ni....
    ada yang bilang....
    untuk mengenal seseorang,
    maka kenalilah sahabatnya...
    jadi menurutku....
    sahat itu adalah cermin dari pribadi kita...
    alafu klo salah dan ga sependapat....

    syukron udaa bole corat coret...
    ^__^

    ReplyDelete
  14. sahabat emang besar sekali pengaruhnya buat kita, Nin...
    tapi untung aja saya ndak terpengaruh kamu semenjak jadi sahabatmu, hehee... kalo terpengaruh bisa gawat nih, saya ndak mau jadi suami yg hobby masak kayak hobby kamu itu, hahaha...

    ReplyDelete
  15. pengen jadi temanya anyin, biar ktularan baeknya..he9

    ReplyDelete
  16. semoga persahabatan akan memberikan pengaruh yang bagus-bagus aja...

    ReplyDelete
  17. kalau gue biasanya engkk suka berteman dengan orang yang pendiam. sepi banget dunia kalau punya temen begitu...
    he,,he,,

    ReplyDelete
  18. hahaha tu bnr bng kk anyin
    sahabat tuh bnyk berpengaruh ma kehidupan sehari2 kita
    karna sahabat tu orng yg paling dekat ma kita setelah keluarga n pacar


    wkwkwkwkwkwk :))
    sok dewasa yah gw skrng kk anyin

    ReplyDelete
  19. iya nyin, sahabat memang nggak harus yang sama banget dengan kita. yang penting kita nyaman aja temenan sama dia. nah, biasanya memang gitu, jadi saling memberi warna. jadi pada luntur deh... hehehe...

    ReplyDelete
  20. teman yang baik adalah orang yang mau memberitahukan kepada kita tentang ketidakwajaran kita.
    hmmmm itu ajaaah

    met atas awardnya ya

    ReplyDelete
  21. Bener, makanya memang harus pandai2 milih teman. Harus dilihat apakah bisa memberikan efek negatif atau positif..

    Jiah.. serius amat???

    *jitak

    ReplyDelete
  22. Emang enggak semua persahabatan dimulai dari minat yang sama. Tapi biasanya terbentuk dari rasa toleran dan pengertian.

    ReplyDelete
  23. yuuups...
    betul banget nyin...

    sahabat itu mempunyai pengaruh besar dalam hidup kita...

    btw,,,makasih ya awardnya uda dipajang...

    ReplyDelete
  24. sahabat, ambil sisi baiknya! selamat atas awardnya!

    ReplyDelete
  25. bisak sekali anak muda di perkataan mu yang terakhir (*hwehehehhe...)
    betull..aku juga dulu punya sahabt..lama2 sift kt b-2 jadi kembaran gitu..but setelah dipikir2..kayanya kurang postif..jadi berusaha untuk seperlunya aja ketemu ma dy..

    ReplyDelete
  26. makasih saranya kemaren dek anyin...ternyata memang blog q berat jadi tak buat seting komentarnya halaman penuh biar ringan.....

    ReplyDelete
  27. haloo salam kenal bagi2 ilmunya dooonk?.....

    ReplyDelete
  28. wah..masih kecil dah pintar ngeblog ya... lanjutkan dekk..... salamkenal ya...

    ReplyDelete
  29. whuaa bener... sedikit banyak, temen pasti ada pengaruhnya ke kita...
    syukur2 kalo saling mempengaruhi dlm kebaikan :ok

    nyiiin potomu yg nuansa biru merah bagus... asli ato efek potosop? kereeen :s)

    ReplyDelete
  30. sahabat memang seseorang yang kita percaya, oleh karena itu kita mau membuka diri untuk menerima apa kebiasaan dia.
    yah, inilah tinnginya nilai kepercayaan, so betapa berharganya seorang sahabat.

    artikel yang membersarkan hati. thx

    ReplyDelete
  31. kalo terlalu terpengaruh ma sahabat juga kurang bagus nyin.. takutnya semuanya jadi mirip2an deh,, ya sfatnya, baju, pernak pernik..
    ciri khas kita bisa hilang dong..

    ReplyDelete
  32. kalau menurutku intinya nyaman sih nyin, dan entah nama,berteman itu juga seperti jodoh, klo jodoh nyambung,klo ga, ntah napa ga bsa dipaksa

    ReplyDelete
  33. nyin sedikit saran nih
    kok warna fontnya jadi burem gini ya?
    bikin mataku blawurr hehehe
    ganti yg lebih kontras aja biar enak dibaca

    ReplyDelete
  34. Wah selamat kawan atas Awardnya semoga makin semangat n sukses sllu...

    ReplyDelete
  35. pengalaman aq, aq pernah punya seorang teman bisa d bilang sahabat, lebih dri itu dah aq angap ky saudara q sndiri, tp ternyata malah penghianat.... selamat yah atas award yg d dapatkan.....

    ReplyDelete
  36. bungong jeumpa,,bungong jeumpa,meukar di aceh.
    hehe.bunga2 memang cute kn?? ;D

    ReplyDelete
  37. Teman...

    :? :?

    oh aku tau...
    hehee...
    sahabat juga punya pengaruh dalam hidup..
    bukan hanya lingkungan, hoho

    ReplyDelete
  38. :*)
    aku gak punya sahabat sampai detik ini aku cuma punya teman akrab tapi dia ada di dunia maya. yah daripa pya teman yg gak karuan n susah di atur ngapain disebut sahabat ya gak???!! hehhehe

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...