Thursday, June 4, 2015

{ REVIEW } BRAND BUSANA MUSLIMAH SYAR'I - LYRA VIRNA SYAR'I BY LYRA VIRNA



Brand LyraVirna syari sekarang sedang in banget. Baru open order sebentar sudah soldout, itu terus terang bikin banyak muslimah penasaran, termasuk saya. Apa sih yang bikin soldout sedemikian cepat?
Kualitasnyakah?
Brand ini cuma dijual di instagram @lyravirnasyari, butik di FX serta distributor resmi Global Boutique hingga saat ini. Harganya berbeda-beda, yang paling rendah adalah pembelian via kontak instagram yang rule-nya dulu-duluan order. Harga yang berbeda-beda ini sebenernya bikin saya mikir, brand ini belum well-managed. Meskipun begitu banyak penggemar sampai saat ini brand ini masih belum punya brand image yang bagus dimata saya.

Kenapa?

Fenomena lain dari brand ini para muslimah - well, oknum yang beramai-ramai membeli untuk dijual kembali dengan harga yang jauh berbeda dengan harga aslinya. Ngambil untungnya kebanyakan bisa sampai dua kali lipat, padahal cuma jual enggak bikin produknya. Muslimah yang penasaran mau nggak mau harus membeli dengan harga yang sudah dinaikkan dengan tega banget. Ini bikin saya sedih, meskipun tidak ada larangan dalam hal mengambil untung dalam islam... tapi please lah ini produknya hijab syari yang digunakan untuk mematuhi perintah Allah loh... bukan barang tersier atau apa. Masa sama saudara sesama muslimah sedemikian tega ngasih harga untuk set gamis buat tutup aurat, nggak papa kalau kasih harga supernya misal buat produk emas apa berlian gitu. Kalau mau ambil untung untuk barang yang digunakan untuk mematuhi perintah Allah setidaknya ya secukupnya saja.

Belum lagi admin yang aduh... kok gitu sih... kalau ada customer yang kasih saran bisa seenak-enaknya di block, sebut harga bisa seenaknya di block, mbok ya bilang kalau sebut harga dihapus saja komentarnya atau apa. Ohya mengenai harga brand ini sangat tidak transparan, harga tidak disebut tapi kalau tanya harga via kontak juga tidak dibalas. Oke mungkin karena SDM kurang. Tapi dikit-dikit nge-block? Deuh please pernah punya edukasi ilmu marketing nggak sih kalau long lastingnya produk tergantung minat beli customer? Dikit-dikit nge-block atuhlah males belinya.
Jelasnya kalau nggak pasang harga dan unpublished ya harus siap ditanya-tanya customer. Kalau nggak siap ya diubah aja sistemnya dengan harga terbuka. Masa mau tahu kisaran harga biar ngerti mesti siapin uang berapa nggak boleh?
Tahu harganya kalau sudah fix order kalau uangnya nggak cukup padahal niat tanya dulu biar tahu budget cukup atau nggak?
BLOCK.
Saya tetep paling suka brand ratubilqis lah... karena any complain dijawab dan ditanggapi dengan baik, pendapat pun dijadikan pertimbangan untuk kedepan. Jadi sama-sama enak nggak sembarang main block dengan alasan yang 'apa sih??'.

Penipuan yang mengatasnamakan brand ini pun bermunculan, LVsyari membenahi diri dengan memasang nomer CS untuk tanya-tanya, tapi nggak berlangsung lama nomer itu sudah dihapus yang tandanya sudah tidak ada lagi tanya menanya.
Admin sibuk dan banyak yang tanya-tanya nggak sempat jawab, katanya.
Padahal last seen whatsappnya hanya pada saat open order aja. Pertanda nggak ada keinginan untuk balas yang tanya-tanya sama sekali. He eh emang mayan arogan :p

Jadi kesan ini pun kemudian membuat saya mikir, oke memang pelayanan super duper buruk tapi yah masih nggak papa kalau produknya worthed. Jadi beberapa bulan lalu saya nyobain beli set abu dhabi ini - reviewnya emang agak terlambat ya hehe.


Kenapa abu dhabi? Karena warna hitam, set hitam gamis adalah investasi karena nggak mungkin nggak terpakai entah untuk sehari-hari, kajian atau insyaAllah kalau nanti ke tanah suci. Sebelumnya saya pengin coba medina tapi nggak dapat. Harga premium sih, saya nggak sabar nunggu produknya sampai.


Begitu datang, dapat package lengkap pocket buku zikirnya juga. Saya coba pegang kain. Bahan gamis ini adalah velvet mix cerutti dan renda. Furingnya sungguh lembut dan adem terbuat dari velvet. Cerutinya? Hmm standar dan terawang, kalau boleh jujur sifonnya sama kualitasnya dengan harga set gamis yang 500an ribu. Kerudungnya mungkin karena warna hitam jadi nggak terawang seperti set baju Lyravirnasyari yang warna pastel. Rendanya cantik. Tapi ujung-ujungnya pakai neci, duuuhh saya jadi kesel baju semahal ini pakai neci? Mbok ya dijahit biar mahalnya nggak bikin nangis, means sudah mahal eh yang dibeli begini doang. Yah memang sih cutting dan jahitan lainnya rapi banget dan true size. Saya coba pakai, not bad... ketutup banget kualitasnya yang biasa-biasa dengan furingnya yang adem. Saya cuci dan setrika ternyata wuaduh susah disetrika dan gampang kusut. Deuh kok abal-abal gini... masih jauh lebih oke gamis set ratubilqis yang 500an ribu ini mah... paling nggak ratubilqis nggak usah ribet setrika dan susah kusut.

Model kerudung mirip @athomebyandeawie yang sebelumnya Lyra Virna sering sekali memberi endorse. Yah kalau fashion memang susah sih suka mirip-mirip dengan alasan terinspirasi. Kualitas kainnya sih bagusan kerudung Lyra Virna ini lebih tebal dan susah kusut, lain banget dengan bahan gamisnya. Oh ya tapi kerudungnya ini lumayan panas kalau dipakai.

Anyway, teman saya juga dapat produk LyraVirna syari yang warna pastel, and we both agree... kok gini sihhh? Kerudungnya trawang, furingnya juga ada produk yang nggak full, di lengannya nggak difuring. Aduh apa bangetlah itu... Saya jadi ikutan sebel. Kata "syari'" adalah tanggung jawab brand, bukan sekadar dipasang tapi juga harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Oke nggakpapalah mahal, tapi kalau bisa kata syarinya itu bener-bener diberlakukan dengan produk yang beneran nggak ketat, nggak trawang tanpa muslimah yang beli harus bingung rangkap-rangkapin. Itu yang penting. Tentu kalau bisa pun (kalau bisa) diikuti dengan kualitas yang baik dan pelayanan yang baik. yang nggak bikin customer kapok mau beli lagi.

Repurchase?
Untuk warna hitam masih saya pertimbangkan karena itu yang paling tidak terawang dibanding yang lainnya, sambil melihat juga perbaikan produk dari LVsyari sendiri. Selain itu kayaknya enggak deh...masih kapok nih saya :)

-----
Updated :
Karena banyak yang nanya harga dari gamis Lyravirnasyari by  Lyra Virna ini maka saya jawab disini aja ya...
Harga gamis saat ini berkisar mulai 1,200,000 IDR harga langsung dari LyraVirnaSyari-nya, non butik non distributor. Kalau via distibutor dan butik lebih mahal kira-kira +300,000 rupiah (sepertinya bakal terus naik deh ya). Ada juga harga tangan keduanya lebih sadis lagi kadang bisa naik sampek 100 %. Sadis banget kan?
Dulu pas awal launch masih ada yang harga 500,000 an bahan jersey tapi ya tahu sendirilah namanya juga jersey... pastinya nggak recommended karena potensi nyeplaknya.
Dulu juga ada yang 800,000 IDR dan sudah bagus banget lho itu, nah ya agak nyesel kok nggak beli dari dulu aja :D Saya punya dua yang abu dhabi ini dan aisiyah yang model awal-awal keluar. Yang aisiyah ini nggak terlalu mengecewakan sih, mungkin kapan-kapan di review ya.

Rekomendasi saya kalau pengin beli jangan asal sruduk yang penting dapet ya, lebih baik yang benar-benar suka baru dibeli karena gamis brand ini harga jual kembalinya jatuh banget dari harga beli.
Yang penasaran, selamat berburu!



~

23 comments:

  1. Wahhh bagus nih infonya,,,

    ReplyDelete
  2. try and error kayak@ Nin...
    tapi jgn kelamaan kapok@ hehe
    masih banyak produk lain yang kualitas@ oke meskipun gak se-booming itu :D

    ReplyDelete
  3. Wah aku turut prihatin ya, :(

    Tetep semangat, nin. ^_^

    ReplyDelete
  4. Mba info online shop resmi ratubilqis dong 😊

    ReplyDelete
  5. Kayanya harganya mahal ya? Di atas 500an gitu?
    Mendingan kivitz Kayanya deh. Ud nyoba?

    PS. Oh ud nikah ya. Selamat yaaaaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus terang mbak kalau dibanding kivitz sih jauh. jauh lebih bagusan lv kalau menurutku. dan kivits per itemnya aja dari dress, blazer, kerudung udah berapa tuh yang bagusan. mungkin harganya setara sama set gamisnya lv

      Delete
  6. berapaan sih mba harganya? penasaran. aku sempat follow ig nya dan penasaran juga gara2 cepet banget sold outnya.

    ReplyDelete
  7. akhirnya nemu reviewnya disini. makasih mba ninda. makasih jadi tahu, ngga bakal beli :D

    ReplyDelete
  8. salam kenal mbak...
    kadang suka sedih beli baju gini tapi mahalnya ampun-ampunan...
    jadi tahu harganya berapa..

    klo athomebyandeawie masih lumayan sih.. cuman cepet soldout juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya aku lebih suka bahannya lv ketimbang ande. ande memang lucu modelnya ya unik

      Delete
  9. Eeee baru tau deh gamis merk artis gini dijualnya mahal bener 😣 kalo kualitasnya sesuai harga sih a masalah... Tapi diliat di foto kok dineci... Jadi kuciwa ya pastinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak tia, aku tuh kecewa kalau set gamis mahal tapi dineci :(

      Delete
  10. Bener2 nggak worthed si nin menurutku... Buat barang semahal itu masi nerawang2.. duh...

    Untung langsung jual pas beli :P

    Iya.. mending RatuBilqis deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha yah gimana yaaa cyin tapi memang ada yang bagus sih hahaha

      Delete
  11. Sempet penasaran sama produknya yang cepat soldout,kebetulan ketemu sama blog kamu mba,jadi mikir mikir deh mau beli,coz harga dr setiap resellernya berbeda beda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih penasaran mending ke butiknya langsung di FX mbak... karena ada yang bagus dan enakeun juga kok punya LV. bbiar gak kuciwa mending dibeli setelah dicoba dan suka aja

      Delete
  12. Sempet penasaran sama produknya seperti apa sih kwalitasnya? coz mahal bgttt!
    Kebetulan baca review dari mba,aku jadi lebih mengerti coz harga setiap resellernya berbeda-beda dan sepertinya bukan hanya brand lyravirna syari saja mba contoh sisesaclothing,deanara,Qnanz,mustbehijab dll
    Harga gamis looklike/replikanya saja sudah sangat mahal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. deanara, sisesa, mustbe saya pernah pakai juga mbak. akan saya tulis reviewnya segera ya :)

      Delete
  13. Sempet penasaran sama produknya yang cepat soldout,kebetulan ketemu sama blog kamu mba,jadi mikir mikir deh mau beli,coz harga dr setiap resellernya berbeda beda :)

    ReplyDelete
  14. Kenapa untuk syar'i aja harus jutaan ya mba ga habis pikir aku nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halloo ini siapa ya, kok serasa anonim.
      jangan narjemahin buat syari aja harus jutaan ya mbak. karena soal harga dan brand itu pilihan. selama nggak keluar dari kaidah syari dan nggak maksain diri beli ya silahkan. kalau mbak mau moveon syari dan minta rekomendasi harga gamis 100an ribu dan gamis set 200an ribu atau dibawahnya saya juga ada rekomendasi. silakan hubungi saya via email :)

      kalau mau harga tengah2 dengan kualitas bagus juga saya ada rekomendasi. FYI saya sudah review beberapa brand bukan cuma yang harga jutaan ini saja.

      Delete
  15. mba g ad pin bbm mba dan brpa sih hargax baju2 syar'i lv masih ada stok2 ny kah mba

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...